//

ANALISIS PENGUKURAN KINERJA DAN TINGKAT PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI REDELONG ORGANIK (REO) DI KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Lestari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ayu Lestari. 1405102010031. Analisis Pengukuran Kinerja dan Tingkat Partisipasi Anggota Koperasi Redelong Organik RINGKASAN Secara umum koperasi dapat didefenisikan sebagai suatu badan usaha milik bersama yang bergerak dalam bidang perekonomian, yang beranggotakan orang-orang secara sukarela dan atas dasar persamaan hak, dan berkewajiban untuk melakukan suatu usaha yang bertujuan mensejahterakan para anggotanya dengan berdasarkan atas asas kekeluargaan. Hal ini juga telah dijelaskan UUD 1945 pasal 3 ayat 1 yang menyatakan bahwa perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan. Perkembangan koperasi di Indonesia memiliki tolak ukur yang tidak hanya dilihat dari besar kecilnya volume usaha koperasi atau peran koperasi tersebut. Namun yang menjadi tolak ukur perkembangan koperasi adalah sejauh mana koperasi tersebut dapat terkait dengan usaha anggotanya dan dapat memberikan manfaat yang sebesarbesarnya bagi anggota tersebut. Sehingga permasalahan yang muncul pada pertumbuhan koperasi di Indonesia yaitu pertumbuhan kuantitas koperasi tidak diimbangi dengan kualitas yang baik. Salah satu kendalanya dikarenakan masih banyak anggota yang kurang berpartisipasi aktif dalam kegiatan koperasi. Keberhasilan koperasi tidak hanya dilihat dari keberhasilan dalam unit usahanya. Namun keberhasilan koperasi dalam aspek mikro dapat dilihat dari dua segi yaitu unit usaha dan organisasi. Permasalahan yang ada apakah dengan keberhasilan dari segi unit usaha adalah bukti keberhasilan sebuah organisasi koperasi. Sehingga untuk melihat perkembangan dari koperasi secara keseluruhan perlu dilihat dari segi organisasinya yaitu berdasarkan kinerja koperasi REO itu sendiri dalam menjalankan kegiatan koperasi. Kinerja koperasi REO dituntut dalam memiliki manajemen yang efesien agar dapat bertahan dan berkembang pada persaingan pasar yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis kinerja koperasi Redelong Organik Hasil dari penelitian adalah berdasarkan pengukuran kinerja yang dilakukan pada koperasi REO dengan menggunakan Penilaian Tangga Perkembangan kopi, peningkatan pendapatan, kemudahan dalam memperoleh saprodi, harga bibit maupun harga pupuk. Skor keseluruhan manfaat sosial diperoleh kategori yang tinggi baik itu dalam hubungan kebersamaan dengan sesama anggota, hubungan dengan pengurus dalam pembelian dan jasa, pembinaan dan pelatihan koperasi serta pelayanan atau fasilitas yang disediakan koperasi. Pada pengukuran skor tingkat partisispasi diperoleh kategori yang tinggi baik itu dalam bidang organisasi, bidang permodalan maupun bidang usaha. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan Rank Spearman dapat diketahui bahwa hubungan antara manfaat ekonomi dan manfaat sosial dengan partisipasi dibidang organisasi, usaha, dan permodalan menunjukkan nilai koefisien korelasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KETAHANAN SOSIAL MASYARAKAT GAYO DALAM MEMPERTAHANKAN BUDAYA SUKUT PADA RESEPSI PERNIKAHAN (SUATU PENELITIAN DI KAMPUNG BALE REDELONG KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH) (Nursaadah, 2016)

KAJIAN KESESUAIAN PENGGUNAAN LAHAN DENGAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KABUPATEN BENER MERIAH (Sylvia Zahara, 2016)

EVALUASI KEMAMPUAN LOMPAT JAUH SISWA MAN LAMPAHAN KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (HASMAWATI, 2015)

ANALISIS KINERJA KOPERASI DI KOTA BANDA ACEH (MELALUI PENDEKATAN PENILAIAN TANGGA PERKEMBANGAN) (ISMATUR RAHMI, 2018)

ANALISIS TINGKAT KESIAPAN KABUPATEN BENER MERIAH SEBAGAI DAERAH PARIWISATA AGRO DI ACEH (Rini Antika, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy