//

ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN METODE HIRARC PADA KEGIATAN DRILLING DAN BLASTING DI PT MACMAHON INDONESIA, LHOKNGA, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Firman Isnan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada dasarnya setiap lingkungan atau tempat kerja di industri pertambangan khususnya di PT Macmahon Indonesia memiliki potensi bahaya yang tinggi, sehingga diperlukan suatu upaya pencegahan dan pengendalian agar tidak terjadi kecelakaan kerja. Penyebab kecelakaan kerja sebagian besar disebabkan oleh tindakan pekerja yang mengabaikan keselamatan kerja (unsafe action) saat bekerja dan sebagian lainnya disebabkan oleh keadaan lingkungan, proses, dan sistem yang tidak aman (unsafe condition). Pengidentifikasian bahaya dan risiko kerja merupakan tahap awal yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja terhadap kegiatan drilling dan blasting di PT Macmahon Indonesia serta mengetahui sumber bahaya, potensi risiko, dan pengendalian yang diterapkan pada kegiatan tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif yang mendeskripsikan terkait identifikasi, penilaian risiko, dan pengendalian K3 pada kegiatan drilling dan blasting. Hasil pengambilan data mengenai identifikasi bahaya dan penilaian risiko dianalisa dengan metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control), kemudian akan dievaluasi dan ditentukan upaya pengendalian risiko bahaya pada kegiatan drilling dan blasting sehingga menjadi aman. Melalui metode HIRARC yang dilakukan pada kegiatan drilling dan blasting PT Macmahon Indonesia teridentifikasi 10 kegiatan dengan 31 potensi bahaya dengan klasifikasi risiko pada kegiatan drilling yaitu;low risk 11,1%, moderate risk 11,1%, high risk 77,8% , dan very high risk 0% karena tidak didapatkan potensi bahaya dalam kategori ini. Kemudian untuk klasifikasi pada kegiatan blasting yaitu; low risk 9,1% moderate risk 40,9%, high risk ,31,8%, dan very high risk 17,4%. Kata Kunci: HIRARC, drilling, blasting, potensi bahaya, kecelakaan kerja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN BIAYA PEMBORAN DAN PELEDAKAN MENGGUNAKAN BLASTING SERVICE DAN SWAKELOLA DALAM PENAMBANGAN BANKO BARAT PIT 2 PT. BUKIT ASAM (PERSERO), TBK, UNIT PENAMBANGAN TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN (Mairia Ulfa Khatimmah, 2016)

ANALISIS MANAJEMEN RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL) PADA KEGIATAN LOADING DAN HAULING DI PT LAFARGE CEMENT INDONESIA ACEH (M.Syaoqi Najib, 2019)

ANALISA POTENSI BAHAYA DAN PENILAIAN TINGKAT RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL) PADA LIMESTONE CRUSHER PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA, LHOKNGA, ACEH BESAR (Muhammad Hafiz, 2018)

EVALUASI RISIKO KEBAKARAN PADA BANGUNAN GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Dede Hermansyah, 2018)

MANAJEMEN RISIKO OPERASIONAL MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECTS ANALYSIS (FMEA) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) (STUDI KASUS : PT LHOKNGA BETON - BRADEUN, LHOKNGA, ACEH BESAR) (Fadhillah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy