//

KOMPARASI KINERJA PANEL SURYA JENIS MONOKRISTAL DAN POLYKRISTAL STUDI KASUS CUACA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sura Eka Pratama Pagan - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Pada penggunaan panel surya dalam pembangkit tenaga listrik tenaga surya (PLTS) dalam skala kecil maupun besar biasanya menggunakan panel surya jenis monokritsal maupun polykritsal, dikarenakan efisiensi yang tinggi, harga murah, dan produksinya besar. Penggunaan panel surya sangat tergantung pada keadaan cuaca suatu daerah, di Banda Aceh studi yang menunjukkan rekomendasi penggunaan jenis panel surya belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jenis panel surya yang cocok diterapkan pada kondisi cuaca di Banda Aceh. Posisi panel surya dipasang pada titik koordinat latitude 5.566 dan longitude 95.368, yang diukur selama 60 hari yaitu dari tanggal 24 Juli 2017 sampai dengan 23 November 2017. Hasil yang diperoleh yaitu daya keluaran panel surya yang menunjukkan bahwa panel surya jenis monokristal menghasilkan daya keluaran yang lebih besar dari pada panel surya jenis polykristal dalam segala kondisi cuaca. Pada energi panel surya menunjukkan panel surya jenis monokristal menghasilkan energi yang lebih besar dibandingkan dengan panel surya jenis polykristal, dengan selisih energi 229 Wh. Dan dari segi harga energi yang dihasilkan panel surya jenis monokristal adalah 522 Rp/Wh dan harga energi panel surya jenis polykristal adalah 565 Rp/Wh. Jadi, dengan segala faktor yang dilihat yaitu daya keluaran, energi, dan harga energi, menunjukkan panel surya jenis monokristal yang cocok diterapkan pada kondisi cuaca di Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM DUAL TRACKING PANEL SURYA DENGAN MENGGUNAKAN PHOTOTRANSISTOR (MUJIBURRAHMAN, 2016)

ANALISIS OPTIMASI SISTEM PEMASANGAN SOLAR CELL SEBAGAI SUMBER DAYA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU-TS) DI KOTA BANDA ACEH (Purnama Juanda, 2018)

KAJI EKSPERIMENTAL KOLEKTOR SURYA DILENGKAPI MATERIAL PENYIMPAN ENERGI PANAS (T.M. INDRA RIAYATSYAH, 2014)

DESAIN SISTEM MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN METODE HILL CLIMBING (Azhar Gunawan, 2015)

RANCANGAN SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA UNTUK POMPA AIR IRIGASI (Mukhtar Riyandri Tarigan, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy