//

KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS PADA LIMA LEMBAGA PAUD DI KECAMATAN JULOK KABUPATEN ACEH TIMUR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Fatimah Zora - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zora, S. Fatimah. 2018. Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Lima Lembaga PAUD di Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd. (2) Dra. Fakhriah, M.Pd. Kata kunci: kompetensi guru, guru pendidikan anak usia dini. Setiap guru harus memiliki kompetensi dan mampu melaksanakan proses pembelajaran serta memiliki kepribadian yang baik. Kenyataan yang terjadi di lapangan dalam proses pembelajaran guru belum melaksanakannya secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik dan kepribadian guru Pendidikan Anak Usia Dini pada lima lembaga PAUD. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru inti yang bertugas pada lima lembaga PAUD di Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek penelitian relatif banyak yang tidak sesuai dengan indikator dalam melaksanakan kompetensi pedagogik dan kepribadian. Kompetensi pedagogik berupa perencanaan pembelajaran hanya dibuat oleh SP.3 dan SP.5 tetapi tidak sesuai dengan kurikulum. Semua subjek penelitian tidak menggunakan strategi, metode, pendekatan dan evaluasi yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya kompetensi kepribadian dalam pelaksanaan pembelajaran SP.2, SP.3 dan SP.4 tidak membiasakan anak bertanggung jawab, memberikan motivasi dan aturan dalam bermain. SP.5 memiliki kompetensi kepribadian tetapi tidak semua diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran, sedangkan SP.1 sudah memiliki kompetensi kepribadian dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan indikator. Disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dan kepribadian guru masih belum tercapai, karena belum sesuai dengan indikator dan terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, guru harus memiliki kemauan dalam meningkatkan profesinya, agar setiap kendala yang ada di lembaga PAUD dapat terselesaikan sesuai dengan harapan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINIRN( STUDI PADA PAUD DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR) (TEUKU MUHAMMAD HUSNI, 2014)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERTEMAKAN PAHLAWAN ACEH UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (MUTMAINNAH, 2018)

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN BEKAS DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR (Khairatul Husna, 2019)

MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD BUNGA MELATI DESA TUNGKOP KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Ramadhani, 2019)

PERAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TERHADAP RNSOSIALISASI ANAK DALAM KELUARGARN(SUATU PENEILITIAN DI GAMPONG REUKIH DAYAH KECAMATAN INDRAPURI RNKAB. ACEH BESAR ) (NANDA MAWADDAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy