//

RANCANG BANGUN KINCIR AIR IRIGASI SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK DI PEDESAAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lia Yunita - Personal Name
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Lia Yunita. 1305106010035. Rancang Bangun Kincir Air Irigasi Sebagai Pembangkit Listrik Di Pedesaan. Dibawah bimbingan Mustaqimah sebagai Ketua dan Muhammad Yasar sebagai Anggota. RINGKASAN Konsumsi listrik nasional terus menunjukkan peningkatan seiring bertambahnya akses listrik atau elektrifikasi serta perubahan gaya hidup masyarakat seiring dengan berkembangnya teknologi. Pada tahun 2017 konsumsi listrik Indonesia mencapai 1.012 kwh/kapita, naik menjadi 5,9% dari tahun sebelumnya. Oleh karena itu, perlu adanya sumber energi alternatif yang dapat menjangkau listrik di daerah pedesaan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Salah satunya adalah pembangkit listrik skala kecil disebut Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). PLTMH merupakan teknologi yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besar potensi air saluran irigasi untuk pembangkit listrik. Pengujian dalam penelitian ini menerapkan tipe kincir air undershot dengan modifikasi sudu. Kincir air memiliki diameter 142 cm dan lebar 30 cm. Jumlah sudu 12 buah menggunakan transmisi sabuk dan puli. Hasil penelitian menghasilkan potensial air 2.66 m/s, debit 1.330665 m3/s , daya kincir 8058.25 Watt, energi generator 4029.12 Watt, daya listrik sebesar 2160 Watt dan efisiensi sebesar 53 %. Kata kunci : Kincir Air, Irigasi, Pembangkit Listrik, PLMTH

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI PERFORMA KINCIR ANGIN PROPELLER DENGAN BAHAN SUDU DARI KAYU (Rijalmawi, 2017)

UJI PERFORMA KINCIR ANGIN PROPELLER DENGAN BAHAN SUDU DARI KAYU (Rijalmawi, 2017)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK (PLTO) SISTEM TUAS PELAMPUNG DI KOTA TAPAKTUAN, ACEH SELATAN (Fathanah, 2015)

STUDI PENGARUH JUMLAH SUDU KINCIR ANGIN SUMBU HORIZONTAL TERHADAP PUTARAN POROS (Ikhsan Fahriza, 2018)

UJI PERFORMA KINCIR ANGIN DARRIEUS-H PENGGERAK GENERATOR MENGGUNAKAN VARIASI SUDU (Teuku Muhammad Jaka Anwar, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy