//

PENENTUAN KADAR BEBERAPA LOGAM BERAT (PB, CD DAN FE) PADA BEBERAPA TITIK HULU DAN HILIR SUNGAI KRUENG ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI NADILA - Personal Name
SubjectWASTE CONTROL - TECHNOLOGY
MERCURY (ELEMENT) - TOXICOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar besi, timbal dan kadmium pada beberapa titik sampling hulu dan hilir sungai Krueng Aceh. Pengambilan sampel dilakukan di lokasi hulu dan hilir sungai Krueng Aceh yaitu Gampong Jalin, Lamjruen, Capeung Baroh, Sinyeu, Lambaro, Pango, Simpang surabaya, Pante pirak dan Peunayong. Sampel diambil pada bulan dan musim yang berbeda yaitu bulan Februari (I) musim hujan dan Juni (II) musim kemarau. Konsentrasi logam Pb, Cd dan Fe diukur menggunakan alat Spektrofotometer Serapan Atom (Atomic Absorption Spectrophotometer, AAS). Konsentrasi Pb di semua titik lokasi pengambilan dan kedua musim sangat rendah dan dibawah deteksi alat AAS. Konsentrasi Cd tertinggi pada musim hujan di lokasi Pango yaitu 0,0318 mg/L dan Fe di lokasi Lambaro 1,424 mg/L. Sedangkan konsentrasi Cd yang diperoleh tertinggi pada musim kemarau di lokasi Pango yaitu 0,029 mg/L dan Fe di lokasi Indrapuri yaitu 1,992 mg/L. Konsentrasi logam Cd dan Fe pada beberapa lokasi sudah melebihi standar baku mutu Peraturan Pemerintah RI No. 82 tahun 2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air, sedangkan konsentrasi logam Pb pada semua lokasi sangat rendah dan belum melebihi standar baku mutu. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa musim (waktu pengambilan), pasang surut air laut, lokasi pengambilan (hulu, tengah dan hilir sungai) dapat mempengaruhi keberadaan logam. Kata kunci : Analisis logam berat, Konsentrasi logam Pb, Cd dan Fe, Krueng Aceh, Spektrofotometer Serapan Atom

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KANDUNGAN DAN POLA PENYEBARAN PB DAN ZN DALAM AIR, SEDIMEN DAN BIOTA DI SUNGAI KRUENG BALEE DAN SUNGAI KRUENG REULEUNG ACEH BESAR (RAHMADI, 2019)

ANALISIS SEDIMENTASI SUNGAI KRUENG BARO PADA HULU DAN HILIR BENDUNG KEUMALA KABUPATEN PIDIE PROVINSI ACEH (Yusni Eva Cus Endang, 2018)

ANALISA LOGAM BERAT HG PADA SEDIMEN DI ESTUARI KRUENG SABEE, PANGA, DAN TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA (RIFKI RAHMAN, 2016)

INDEKS KUALITAS AIR PADA KAWASAN TAMBANG BIJIH BESI DI SUB DAS KRUENG IE MIRAH KECAMATAN BABAHROT KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Quratul Aini, 2018)

PENGARUH PELETAKAN KRIB TERHADAP POLA ALIRAN SUNGAI KRUENG ACEH PADA JEMBATAN PANGO (SARI REZEKI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy