//

POLA PENGASUHAN ORANG TUA DALAM MEMBINA PERILAKU ANAK DALAM KELUARGA DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zhafirah - Personal Name
SubjectMORAL EDUCATION
CHILD - EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zhafirah. 2016. Pola Pengasuhan Orang Tua dalam Membina Perilaku Anak dalam Keluarga di Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd., (2) Dra. Fitriana, M.Si. Kata Kunci: Pola Pengasuhan, Perilaku Anak, Keluarga Pola asuh merupakan salah satu faktor yang secara signifikan turut membentuk karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pengasuhan orang tua dalam membina perilaku anak dalam keluarga di Desa Meunasah Tutong, Kabupaten Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini ibu-ibu yang memiliki anak usia 10-19 tahun yang masih mengikuti pendidikan formal berjumlah 4 orang yang berdomisili di Desa Meunasah Tutong. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua menerapkan pola asuh bervariasi sesuai situasi dan kondisi, yaitu ada diantaranya menerapkan pola asuh campuran yaitu pola asuh demokratis dan permisif, ada pula pola asuh demokratis dan otoriter, dan ada yang menerapkan pola asuh otoriter dan permisif. Perilaku anak di Desa Meunasah Tutong menunjukkan bahwa anak cenderung bersifat pemberontak, kurang disiplin, kurang jujur, kurang sopan, nakal, sering ugal-ugalan di jalan raya, bahkan ada yang sudah merokok dan menyalahgunakan fasilitas umum. Lingkungan bermain ternyata dapat mempengaruhi perilaku anak diantaranya teman sebaya, tidak adanya sarana prasarana bermain dan tidak adanya fasilitas olahraga juga mengakibatkan anak-anak menjadikan tempat ibadah, Balai PKK, lembaga pendidikan yang ada di Desa tersebut sebagai fasilitas bermainnya. Simpulan penelitian ini adalah pada dasarnya perilaku anak sudah dibina dengan baik, namun karena orangtua kurang konsisten dalam menerapkan peraturan dalam keluarga menjadikan anak cenderung bersikap pemberontak, kurang jujur, kurang sopan bahkan ugal-ugalan di jalan raya. Disarankan orang tua agar mengetahui berbagai macam pola asuh beserta dampak positif dan negatifnya, kepada perangkat Desa Meunasah Tutong diharapkan agar dapat menyediakan sarana dan prasarana olahraga di desa serta dapat membentuk berbagai organisasi dari bidang olahraga dan kesenian sehingga dapat menampung aspirasi remaja agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang buruk.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA MILITER ( SUATU PENELITIAN DI ASMIL KOMPI PANSER 11.1 LHOKNGA, YONKAV 11/SERBU ACEH BESAR) (Emilianur, 2017)

THE MORAL AWARENES OF FISHERMEN TOWARD CHILDREN EDUCATION (A STUDY IN GAMPONG KUALA RAJA, DISTRICT KUALA, BIREUEN) (Hekal Febrian, 2018)

POLA PENGASUHAN ORANG TUA BAGI ANAK YANG BERPRESTASI DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Iza Maulina, 2016)

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DAN PENDAPATAN KELUARGA TERHADAP RISIKO GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK DENGAN METODE PEDS DI TK DAN PAUD GAMPONG BANDA SAFA KABUPATEN ACEH BESAR (Mughniyanti Zuhri, 2015)

POLA PENGASUHAN ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN SYAIR ACEH (STUDI DESKRIPTIF DI KECAMATAN PIDIE) (Putri Oktia Rezeki, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy