//

IDENTIFIKASI UNSUR DALAM IKAN BAKAR MENGGUNAKAN SCANNING ELECTRON MICROSCOPY-ENERGY DISPERSIVE X-RAY SPECTROSCOPY

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurmilawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian identifikasi unsur dalam ikan bakar menggunakan Scanning Electron Microscopy-Energy Dispersive X-ray Spectroscopy (SEM-EDS). Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan unsur dalam arang tempurung kelapa dan ikan bakar. Pada penelitian ini digunakan arang tempurung kelapa, ikan tongkol yang dibakar dan sebagai pembanding digunakan ikan dijemur. Ikan bakar diberi 2 perlakuan yaitu ikan bakar matang dengan waktu pembakaran ±10 menit dan ikan bakar terlalu matang dengan waktu pembakaran ±16 menit. Sampel ikan bakar matang, sampel ikan terlalu matang dan sampel ikan dijemur diambil bagian luar dan bagian dalam, kemudian dipotong dengan ukuran ±1x1 cm2 dan sampel arang tempurung kelapa dipotong dengan ukuran yang sama. Selanjutnya, sampel dilakukan pengujian untuk mengetahui kandungan unsur dengan menggunakan SEM-EDS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kandungan utama arang tempurung kelapa adalah karbon dengan persentase 69%. Unsur dominan yang terdapat pada semua sampel ikan bagian luar dan bagian dalam adalah karbon dan oksigen, namun untuk sampel ikan dijemur bagian dalam kandungan yang dominan didalamnya adalah oksigen. Sampel ikan bakar matang bagian luar dan bagian dalam kandungan unsur karbon dengan persentase 44,9% ; 24,5% ; dan oksigen 45% ; 65%, sedangkan sampel ikan bakar terlalu matang bagian luar dan bagian dalam kandungan unsur karbon 70,5% ; 28% dan oksigen 27% ; 50,5%. Kandungan unsur dominan pada sampel ikan dijemur bagian luar adalah karbon dan oksigen dengan persentase 33,4% dan 50,8%. Sedangkan bagian dalam kandungan oksigen dengan persentase 60,6%. Berdasarkan hasil pengujian semua sampel ikan bakar, bagian luar mengandung karbon yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian dalamnya, pengolahan ikan dengan cara dibakar dapat meningkatkan kandungan karbon pada ikan bakar. Kata kunci : Arang tempurung kelapa, ikan bakar matang, ikan bakar terlalu matang, unsur, SEM-EDS.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SINTESIS BUSA POLIURETAN TERMODIFIKASI KITOSAN UNTUK ADSORPSI LOGAM MERKURI (MUHAMMAD IQHRAMMULLAH, 2018)

PROFIL FLUOR PADA EMAIL GIGI YANG DIAPLIKASIKAN PASTA GIGI NANO HIDROKSIAPATIT (Teuku Zulfikar, 2015)

PEMBUATAN FILM TIPIS KOMPOSIT KITOSAN/PVA/NANOPARTIKEL AG DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERINYA (Lusi Fiska, 2019)

PEMANFAATAN PASIR BESI PADA SINTESIS FOTOKATALIS ZNO/α-FE2O3 DAN UJI AKTIVITAS FOTOKATALITIKNYA PADA DEGRADASI ZAT WARNA INDIGO KARMIN (Octavia Ningsih, 2019)

FOTODEGRADASI ZAT WARNA INDIGO CARMINE MENGGUNAKAN FOTOKATALIS ZNO/α-FE2O3 YANG DISINTESIS DENGAN METODE SOL-GEL (Linda Mahyuni, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy