//

MINAT CALON PENGANTIN TERHADAP WARNA KHAS BUSANA TRADISIONAL ACEH (STUDI KASUS PADA CALON PENGANTIN ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RADHIAH SAFITRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Radhiah Safitri. 2018. Minat Calon Pengantin Terhadap Warna Khas Busana Tradisional Aceh (Studi Kasus pada Calon Pengantin Aceh). Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (Tata Busana), Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Mukhirah, M.Pd (2) Novita, S.Pd, MA Kata Kunci: Minat, calon pengantin, warna khas busana tradisional Aceh Indonesia adalah negara yang mempunyai beraneka ragam hasil kebudayaan, salah satunya adalah busana tradisional.Busana tradisional Indonesia merupakan sebuah warisan kebudayaan yang memiliki makna mendalam pada tiap-tiap daerah.Setiap daerah mempunyai busana tradisional yang berbeda-beda sesuai dengan adat istiadat.Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman, nilai nasionalisme terhadap busana tradisional ini kian memudar.Seperti kenyataan sekarang ini banyak generasi muda yang tidak mengetahui warna busana tradisional yang asli dari daerah mereka.Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui minat calon pengantin terhadap warna khas busana tradisional Aceh di Banda Aceh dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perkembangan pergeseran warna busana tradisional Aceh.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap kelima responden yang memenuhi kriteria subjek penelitian.Analisis data menunjukkan bahwa responden menggunakan busana tradisional Aceh dengan warna yang sebenarnya walaupun ada salah satu responden sangat menginginkan mengenakan busana tradisional dengan busana dan warna yang sudah modifikasi. Menurut responden sebagai orang Aceh sebaiknya perlu dilestarikan khas dari budaya sendiri dengan caramemperkenalkan busana tradisional Aceh dengan warna yang sebenarnya pada saat acara resepsi pernikahan agar tamu undangan yang bukan dari daerah Aceh bisa mengenali salah satu ciri khas Aceh tersebut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAYA BUSANA PRE WEDDING POPULER DI KALANGAN CALON PENGANTIN ACEH (ZURRIYYATINA MEUTIA, 2018)

PEMAKAIAN BUSANA PENGANTIN ACEH MODIFIKASI DI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (Cut Ade Meriskha, 2016)

MAKNA SIMBOLIK PADA BUSANA PENGANTIN TRADISIONAL PRIA DAN WANITA DALAM UPACARA ADAT PERKAWINAN DI DESA SUBULUSSALAM KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM (Dede Anggi Riana, 2014)

PERKEMBANGAN MODE BUSANA PERNIKAHAN GAYA BARAT BAGI PENGANTIN WANITA ACEH (Murniah, 2014)

PENGEMBANGAN MOTIF HIAS ACEH PADA BUSANA ADAT PENGANTIN DI KOTA BANDA ACEH (Anggia Mustika, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy