//

UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU MELALUI SUPERVISI DI SD ISLAM KARAKTER(IK) NURUL QUR’AN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rida Fitriana - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fitriana, Rida. 2018. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru melalui supervisi di SD IK Nurul Qur’an Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr.Israwati.M.Si (2) Dra.Hasmiana Hasan.M.Pd Kata Kunci : Upaya Kepala Sekolah, Supervisi, Disiplin Kerja Supervisi adalah bantuan dalam mengembangkan situasi pembelajaran secara lebih baik. Tujuan utama dari supervisi sendiri adalah untuk perbaikan dibidang pengajaran melalui peningkatan profesional guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru melalui supervisi pendidikan di SD IK Nurul Qur’an ?. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru melalui supervisi pendidikan di SD IK Nurul Qur’an Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik wawancara dan Observasi. Subjek dalamm penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai supervisor dan guru di SD IK Nurul Qur’an yang berjumlah 7 orang. Selanjutnya data wawancara diolah secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari data wawancara yang diperoleh dan dilakukan di SD IK Nurul Qur’an Aceh Besar, upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru memalui supervisi pendidikan sudah tergolong sangat baik, walaupun ada beberapa pendapat guru yang mengatakan bahwa belum sepenuhnya terlaksana. Hal ini dapat dilihat dari upaya kepala sekolah dalam menyusun perencanaan untuk berbagai tingkat perencanaan yang dilakukan , seperti melaksanakan program bimbingan terhadap guru,melaksanakan rapat rutin dengan guru setiap minggu, membimbing guru dalam membuat prota dan prosem,membuat rpp serta melakukan pengawasan terhadap kegiatan belajar dikelas dan melakukan penilaian terhadap tugas guru.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MAN MODEL BANDA ACEH (yusnidar, 2014)

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR PADA GUGUS I UPTD DEWANTARA ACEH UTARA (Syukri, M. Pd, 2015)

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 52 BANDA ACEH (NUR MANEH, 2017)

KONTRIBUSI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN DAN MOTIVASI KERJA GURU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Muliana, 2015)

KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Syukurdi M, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy