//

KORELASI RASIO NEUTROFIL TERHADAP LIMFOSIT DALAM MEMPREDIKSI SKOR SYNTAX PADA PASIEN SINDROMA KORONER AKUT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dr. Sylva Nazly - Personal Name
SubjectARTERIAL DISEASES
ARTERIOSCLEROSIS
CARDIOVASCULAR DISEASES - HUMANS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi pendidikan Dokter Spesialis Ilmu penyakit Dalam
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK KORELASI RASIO NEUTROFIL TERHADAP LIMFOSIT DALAM MEMPREDIKSI SKOR SYNTAX PADA PASIEN SINDROMA KORONER AKUT Latar Belakang Sindrom Koroner Akut (SKA) merupakan masalah kardiovaskular yang utama karena menyebabkan angka perawatan rumah sakit dan angka kematian yang tinggi. Sistem inflamasi berperan penting pada arterosklerosis penyakit arteri koroner. Rasio Neutrofil terhadap Limfosit (NLR) merupakan biomarker inflamasi yang mudah dan murah dan dapat dijadikan prediktor untuk kelangsungan hidup pasien SKA. Skor SYNTAX merupakan skor pemetaan angiografi koroner yang dapat dipakai untuk pengambilan keputusan tatalaksana lanjut pada pasien SKA. Tujuan Untuk menilai penggunaan NLR dalam memprediksi Skor SYNTAX pada pasien SKA. Metode Penelitian ini adalah penelitian cross sectional pada 56 sampel penelitian yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode Spearman rank correlation yang menilai hubungan antara kadar NLR dengan kategori skor SYNTAX. Hasil Sampel penelitian dibagi ke dalam dua kelompok kategori yaitu stenosis dan slow flow. Kelompok kategori stenosis mayoritas adalah berjenis kelamin laki-laki yaitu 25 orang (89,3%), kategori slow flow jenis kelamin perempuan lebih banyak yaitu 17 orang (60,7%). Sebagian besar sampel pada kategori stenosis adalah berusia lanjut sedangkan untuk kategori slow flow lebih beragam. Berdasarkan variabel IMT, sebagian besar sampel kategori stenosis adalah overweight yaitu 15 orang (53,6%), pada kategori slow flow didominasi oleh normoweigth yaitu 15 orang (53,6%). Nilai rata-rata kadar NLR pada kelompok stenosis lebih besar daripada kelompok slow flow. Hubungan antara kadar NLR dengan kategori skor SYNTAX dianalisis dengan menggunakan metode Spearman rank correlation di mana kadar NLR memiliki hubungan yang positif dengan kategori Skor SYNTAX dengan koefisien korelasi sebesar 0,610, bermakna signifikan secara statistik. Kesimpulan Penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya hubungan searah antara kadar NLR dengan kategori Skor SYNTAX pada pasien SKA. Semakin besar kadar NLR maka akan semakin tinggi kategori skor SYNTAX . Demikian juga sebaliknya, semakin rendah kadar NLR maka akan semakin rendah pula kategori skor SYNTAX. Kata Kunci : SKA, NLR, Skor SYNTAX

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KORELASI RED BLOOD CELL DISTRIBUTION WIDTH (RDW) DENGAN DERAJAT KEPARAHAN PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER BERDASARKAN SKOR SYNTAX I (dr. Tambunta Tarigan, 2019)

HUBUNGAN ANTARA RASIO NEUTROFIL LIMFOSIT DENGAN TIPE LESI PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MUHAMMAD REINALDY, 2019)

RASIO NEUTROFIL TERHADAP LIMFOSIT SEBAGAI PREDIKTOR AMPUTASI PADA PASIEN KAKI DIABETIK YANG TERINFEKSI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. Syamsul Bahri, 2016)

HUBUNGAN RASIO NEUTROFIL LIMFOSIT DENGAN KEMAMPUAN ACTIVITIES OF DAILY LIVING PADA PASIEN STROKE ISKEMIK AKUT (Siti Sarah, 2017)

HUBUNGAN PENINGKATAN KADAR GULA DARAH DENGAN WAKTU TERJADINYA SINDROM KORONER AKUT DI BLUD RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Teuku Mirza, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy