//

PENGARUH PERBEDAAN SALINITAS TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN MIKROALGA PORPHYRIDIUM SP.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Shintia Geubrina Rahmah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan salinitas terhadap laju pertumbuhan mikroalga Porphyridium sp. dan diharapkan dapat menentukan konsentrasi salinitas yang tepat untuk pertumbuhan mikroalga Porphyridium sp. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2018 sampai dengan bulan Oktober 2018 dan berlokasi di Laboratorium Biologi Sel dan Molekuler Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 taraf perlakuan: perlakuan A (salinitas 10 ppt), perlakuan B (salinitas 15 ppt), perlakuan C (salinitas 20 ppt), perlakuan D (salinitas 25 ppt) dan perlakuan E atau kontrol (salinitas 30 ppt) dengan 4 pengulangan pada setiap perlakuan. Berdasarkan uji Analysis of Variance (ANOVA), perbedaan salinitas berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan mikroalga Porphyridium sp. Berdasarkan uji lanjut Duncan dimana pada setiap perlakuan berbeda nyata dengan perlakuan lainnya. Perlakuan D (salinitas 25 ppt) yang juga merupakan salinitas optimal memiliki laju pertumbuhan dan kepadatan paling tinggi dibandingkan dengan perlakuan yang lain. Nilai laju pertumbuhan pelakuan D sebesar 110,22 x 104 sel/hari dan nilai kepadatannya sebesar 245,00 x 104 sel/ml. Kata kunci : Laju pertumbuhan, Salinitas optimal, Porphyridium sp.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SALINITAS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN JUVENIL IKAN KUWE (CARANX IGNOBILIS) (Boihaqi, 2016)

PEMANFAATAN NUTRIEN LIMBAH CAIR UNTUK KULTIVASI MIKROALGA HIJAU PENGHASIL MINYAK (vera viena, 2015)

PENGARUH TINGKAT SALINITAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN VITAMIN C LIDAH BUAYA (ALOE VERA L.) (Uswatunnisa, 2017)

PENGARUH PENAMBAHAN ENZIM PAPAIN DALAM PAKAN KOMERSIL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) (Rita Bahagia, 2019)

PENGARUH SALINITAS TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF DAN GENERATIF TOMAT KERITING (LYCOPERSICUM VALIDUM (L.) H.BAILEY) (Nora Huspita Sari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy