//

KONTROL OPTIMAL MODEL EPIDEMIK TIPE SEICR UNTUK PENYEBARAN VIRUS HEPATITIS B

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irhamni - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hepatitis B adalah radang hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B, menimbulkan kerusakan pada sel paranchim hati, kanker hati bahkan kematian. Pemodelan matematika merupakan usaha perancangan rumusan matematika yang secara potensial dapat menggambarkan bagaimana memperoleh penyelesaian masalah matematika yang digeneralisasikan untuk diterapkan pada perilaku atau kejadian alam. Model SEICR dalam pengobatan infeksi hepatitis B terdiri dari lima populasi yaitu: kelas rentan (S), laten (E), akut (I), carrier (C) dan sembuh (R). Tujuan penelitian ini adalah untuk meminimumkan jumlah individu yang sakit, melalui pemberian tindakan kontrol vaksin dan terapi obat. Vaksinasi dilakukan pada populasi rentan yang akan melakukan kontak dengan individu sakit sehingga tidak terinfeksi dan terapi obat merupakan pemberian obat anti virus pada populasi carrier, untuk menghambat perkembangan virus sehingga tidak menjadi sirosis hati bahkan kanker hati. Penyelesaian kontrol optimal menggunakan prinsip minimum Pontryagin. Dari hasil penyelesaian diperoleh kestabilan non endemik model SEICR dengan kontrol stabil asimtotis, bilangan reproduksi dasar R0 < 1 yang berarti penyakit akan hilang dengan sendirinya. Hasil simulasi kontrol optimal menunjukkan bahwa pemberian vaksin dan terapi obat secara bersamaan dapat meminimumkan jumlah populasi laten, akut dan carrier. Kata kunci : Model SEICR, Kontrol Optimal, Prinsip Minimum Pontryagin

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREVALENSI SIROSIS HEPATIS DENGAN ETIOLOGI VIRUS HEPATITIS B DAN ATAU VIRUS HEPATITIS C DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (YULIA ANGGRAINI, 2018)

SIMULASI PENGENDALIAN PENYEBARAN VIRUS HIV MELALUI PENDEKATAN ANALITIK DAN NUMERIK (MIKSALMINA, 2015)

ANALISA PENYEBARAN PENYAKIT TUBERCULOSIS TIPE SEIR (Sriwahyuni, 2017)

KARAKTERISTIK PENDONOR DARAH YANG REAKTIF HEPATITIS B SURFACE ANTIGEN (HBSAG) DI UNIT TRANSFUSI DARAH (UTD) PMI KOTA BANDA ACEH TAHUN 2016 (Sagita Najmi, 2018)

MODEL PENYEBARAN PENYAKIT TUBERKULOSIS DENGAN MASA PENYEMBUHAN (Natasya Ayuningtia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy