//

PERBANDINGAN KONTROL LINIER DAN TAK LINIER PADA PERMASALAHAN KONTROL OPTIMAL KASUS KORUPSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI HIDAYATI - Personal Name
SubjectMATHEMATICAL MODELS
OPTIMIZATION - MATHEMATICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Korupsi merupakan tindakan yang merugikan negara baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara umum korupsi didefinisikan sebagai penyalahgunaan otoritas publik dan telah menjadi subjek penting dalam sejumlah penelitian dalam tiga dekade terakhir. Politisi memiliki banyak kesempatan untuk melakukan korupsi dengan cara mengatur strategi dalam melakukan korupsi agar tetap memiliki popularitas yang tinggi. Terkait dengan maraknya isu korupsi di kalangan politisi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi atau kondisi yang menguntungkan politisi dari segi korupsi dan popularitas. Penelitian ini juga menyajikan hasil perbandingan solusi kontrol optimal dari pemasalahan kasus korupsi dengan menggunakan pendekatan melalui metode numerik pada pengontrolan secara konstan, linier dan tak linier yang diselesaikan dengan bantuan software Tomlab PROPT. Hasil dari penelitian ini berupa simulasi/ grafik tingkat korupsi, grafik tingkat popularitas politisi dan grafik tingkat kesadaran masyarakat akan korupsi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari ketiga pengontrolan tersebut, pengontrolan korupsi secara tak linier lebih baik dikarenakan politisi mendapatkan keuntungan maksimal dari korupsi dan popularitas selama masa jabatannya. Meskipun tingkat korupsi yang dilakukan terbilang tinggi namun tidak terlalu berpengaruh terhadap popularitas sehingga politisi dapat mengakhiri masa jabatannya dengan popularitas yang tinggi. Kata kunci: kontrol optimal, korupsi, Tomlab PROPT, Gauss Psedospectral

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN SOLUSI KONTROL OPTIMAL PENGOBATAN KEMOTERAPI KANKER DENGAN PENGONTROLAN SECARA KONSTAN, LINIER DAN TAK LINIER (Indri Hafsari, 2019)

MODIFIKASI FORMULASI PENGATURAN KECEPATAN DAN PERCEPATAN PERGERAKAN ROBOT UNTUK MENGHINDARI BENDA PENGHALANG (Sri Wardani, 2016)

KONTROL OPTIMAL PADA PERMASALAHAN TERORISME DAN SIMPATI PUBLIK (Mohd Iqbal Muttaqin, 2018)

KONTROL OPTIMAL PADA PERMASALAHAN PELUNCURAN KETINGGIAN MAKSIMUM ROKET GODDARD (Cut Rafina, 2016)

PENGKLASIFIKASIAN INDEKS DEMOKRASI INDONESIA MENGGUNAKAN ANALISIS DISKRIMINAN LINIER KLASIK DAN ANALISIS DISKRIMINAN LINIER ROBUST (HUSWATUL FITRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy