//

ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA IKAN KUWE MENGGUNAKAN KERAMBA JARING APUNG DI DESA LAYEUN KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadiatul Assyifa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sumber daya perikanan yang ada di Aceh dapat diklasifikasikan menjadi perikanan tangkap dan perikanan budidaya. Masyarakat pesisir Aceh, umumnya menggantungkan hidupnya pada hasil perikanan tangkap. Hasil produksi perikanan tangkap lebih tinggi dibandingkan dengan hasil produksi perikanan budidaya. Namun hasil perikanan tangkap terkadang tidak maksimal karena terkendala oleh beberapa faktor. Sedangkan hasil perikanan budidaya mulai menunjukkan peningkatan produksi selama beberapa tahun terakhir. Perikanan budidaya terdapat berbagai macam jenis, salah satu nya keramba jaring apung (KJA) yang merupakan budidaya dengan menggunakan wadah berupa jaring yang mengapung yang ditempatkan diperairan laut, waduk, dan danau. Kondisi alam sangat berpotensi untuk dijadikan tempat pembudidayaan ikan dengan sistem KJA, namun kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan potensi tersebut masih sangat rendah. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan usaha Budidaya Ikan Kuwe dengan Keramba Jaring Apung yang terdapat di Desa Layeun, Kecamatan Leupung, kabupaten Aceh Besar secara aspek aspek teknis dan aspek finansial dengan kriteria investasi seperti Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) Net benefit cost ratio Payback Period (PP). Analisis sensitivitas dihitung dengan menaikkan benefit dan menurunkan biaya dari usaha budidaya KJA sebanyak 10%. Hasil dari analisis kelayakan usaha pada aspek teknis , usaha ikan kuwe menggunakan keramba jaring apung layak untuk dijalankan. Secara finansial usaha tersebut juga layak untuk dijalankan. Berdasarkan analisis sensitivitas dengan menggunakan asumsi I dan asumsi II didapatkan hasil bahwa usaha tersebut tidak layak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA IKAN KERAPU (EPINEPHELUS FUSCOGUTTATUS) KERAMBA JARING APUNG DI DESA DEAH BARO KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH (STUD KASUS) (NASRUL, 2015)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN KERAPU LUMPUR (EPINEPHELUS TAUVINA) DAN IKAN KUWE (CARANX SEXFASCIATUS) DI KERAMBA JARING APUNG GAMPONG PANDE, BANDA ACEH (Mutia Lazita, 2014)

KAJIAN INOVASI DAN PENDAPATAN UNIT PENGOLAHAN IKAN DI LHOK SEUDU DESA LAYEUN KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Laina Mawaddah, 2017)

ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA PENANGKAPAN IKAN DENGAN JARING INSANG (GILL NET) DI KECAMATAN SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL (Yuli Yarni, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRODUKSI IKAN ASIN DI KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Dedy Supriadi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy