//

ANALISIS TINGKAT TOLERANSI PETANI CABAI MERAH TERHADAP RISIKO USAHATANI DI KABUPATEN ACEH TENGAH, ACEH BESAR, PIDIE JAYA DAN ACEH TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mira Musdaliyani - Personal Name
SubjectCHILI
FARMER
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Abstrak. Cabai merah merupakan komoditi subsektor hortikultura yang bernilai ekonomi tinggi dan mempunyai daya adaptasi yang cukup luas, oleh karena itu tanaman ini umumnya dapat dibudidayakan hampir diseluruh wilayah Indonesia termasuk di Provinsi Aceh. Provinsi Aceh memberikan kontribusi produksi cabai merah sekitar 4,05%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat toleransi petani cabai merah di kabupaten Aceh Tengah, Aceh Besar, Pidie Jaya dan Aceh Timur dalam menghadapi risiko usahatani cabai merah dan membedakan isu risiko apa yang paling toleran dan intoleran yang dijelaskan secara deskriptif serta mengetahui faktor-faktor karakteristik yang berpengaruhi secara signifikan terhadap sikap toleransi petani yang akan dianalisis menggunakan analisis regresi tobit, crosstab dan chi square. Hasil penelitian menunjukkan tingkat toleransi petani terhadap risiko usahatani cabai merah di kabupaten Aceh Tengah, Aceh Besar, Pidie Jaya dan Aceh Timur tergolong kategori sedang, upaya yang dilakukan petani dalam menghadapi risiko merupakan sikap berani dengan upaya yang umum dan konsisten dilakukan. Isu risiko iklim, isu risiko hama dan penyakit serta risiko harga petani bersikap toleran. Faktor internal yang mempengaruhi tingkat toleransi petani cabai merah terhadap risiko usahatani yaitu modal berpengaruh signifikan. Sedangkan umur, pengalaman, pendapatan, luas lahan, dan jenis kelamin tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat toleransi petani cabai merah. Faktor eksternal yaitu persepsi petani terhadap perubahan iklim, peran pendamping dan adopsi inovasi tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat toleransi petani cabai merah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI PADI TERHADAP RISIKO USAHATANI PADI DI KABUPATEN ACEH BESAR, PIDIE JAYA DAN ACEH TENGAH (WILDA WAHYUNI, 2018)

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI TOMAT TERHADAP RISIKO USAHATANI TOMAT DI KABUPATEN BENER MERIAH DAN KABUPATEN ACEH TENGAH (Suci Afridila, 2018)

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI TERHADAP RISIKO USAHATANI JAGUNG DI KABUPATEN ACEH TIMUR DAN KABUPATEN BENER MERIAH (NANDA FAULIA, 2018)

KONTRIBUSI USAHATANI KAKAO TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA REULEUT KECAMATAN ULIM KABUPATEN PIDIE JAYA (ERNI LISTIA, 2016)

KOMPARASI EFISIENSI PEMASARAN SAYUR-SAYURAN DI DAERAH DATARAN TINGGI DAN DATARAN RENDAH (Ikramatul Fitria, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy