//

PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KEDELAI (GLYCINE MAX (L). MERR) MUTAN GENERASI KE-3 (M_3) VARIETAS KIPAS PUTIH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sukardi - Personal Name
SubjectSOYBEANS - GARDEN CROP
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Kedelai (Glycine Max (L). Merr) merupakan komoditas pangan yang strategis setelah padi dan jangung. Peran kedelai sebagai komoditas palawija yang kaya akan kandungan protein nabati yang dalam pemanfaatannya memiliki kegunaan yang beragam, terutama sebagai bahan baku industri makanan. Budidaya tanaman kedelai yang toleran terhadap kekeringan dan berumur genjah serta berbiji besar merupakan salah satu upaya peningkatan produktivitas lahan dalam rangka mengatasi masalah kedelai di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai mutan generasi ke tiga (M_3), dilakukan sebagai upaya dalam rangka meningkatkan kualitas benih dan daya hasil produksi kedelai kipas putih. Penelitian ini dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, berlangsung dari September sampai dengan Januari 2017, Penelitian mengunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola non-faktorial ada 10 genotipe perlakuan dan 3 ulangan. Peubah yang diamati yaitu, tinggi tanaman, jumlah cabang pertanaman, jumlah cabang produktif, jumlah polong pertanaman, jumlah polong bernas pertanaman, jumlah biji pertanaman, berat biji pertanaman,bobot 100 biji dan berat biji perbedeng. Hasil penelitian menunjukan bahwa genotipe berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah cabang per tanaman pada umur 21 dan 28 HST. KP8 (300-5) merupakan genotipe yang terbaik dari hasil penelitian ini, dari beberapa variabel pengamatan yang dilakukan yaitu: jumlah polong pertanaman, jumlah polong bernas pertanaman dan jumlah biji pertanaman.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI DAYA HASIL KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERRIL) VARIETAS KIPAS MERAH MUTAN GENERASI KE-3 (M3) DI KEBUN PERCOBAAN FAKULTAS PERTANIAN (Fathhur Rahmat, 2018)

PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KEDELAI (GLYCINE MAX (L). MERR) MUTAN GENERASI KE-3 (M_3) VARIETAS KIPAS PUTIH (Sukardi, 2019)

PENGARUH UKURAN BENIH TERHADAP PRODUKSI, VIABILITAS DAN VIGOR DARI DUA VARIETAS KEDELAI (GLYCINE MAX [L.] MERRILL) (Al-Asrar, 2013)

PENGARUH CEKAMAN AIR TERHADAP PERTUMBUHAN BERBAGAI JENIS GENOTIPE MUTAN KEDELAI (GLYCINE MAX L. MERR) (SASMI RAIS SIREGAR, 2016)

RESPON BEBERAPA GALUR MUTAN KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERRIL) GENERASI M5 PADA BERBAGAI TINGKAT CEKAMAN SALINITAS TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR BENIH SERTA PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN PADA MEDIA ROCKWOOL (Ade Ryan Muarif, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy