//

PEMBELAJARAN OPERASI ALJABAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VIII SMP PLUS AL-‘ATHIYAH LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ratna Chairani Ulfa - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MOTIVATION - EDUCATIONAL PSHYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Pelajaran matematika dinilai cukup sulit dan berat oleh siswa dalam memahaminya. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya adalah faktor proses pembelajaran. Salah satu materi yang dirasa sulit bagi siswa yaitu aljabar. Hal ini diperlihatkan dengan masih banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal berkaitan dengan aljabar. Untuk menjembatani masalah ini, guru perlu menciptakan dan mencari model pembelajaran yang sesuai, sehingga konsep abstrak dari matematika bisa disederhanakan untuk memudahkan para siswa serta proses pembelajaran matematika bisa berjalan dengan menyenangkan. Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dalam kelompok seingga terjadinya interaksi antar siswa dalam kelompok dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan materi. Penelitian ini bertujuan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi Operasi Aljabar di Kelas VIII SMP Plus Al-‘Athiyah Lembah Seulawah Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, sampel penelitian adalah kelas VIII-A yang terpilih secara acak yang terdiri dari 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan analisi data menggunakan uji-t didapatkan ttabel < thitung (ttabel = 1,7 < thitung = 4,71, α = 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada materi operasi alajabar di kelas VIII SMP Plus Al-‘Athiyah. Hasil lain yang didapatkan pada penelitian ini yaitu aktivitas siswa selama pembelajaran adalah belum efektif namun respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperaktif tipe STAD pada materi operasi aljabar adalah positif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS II SD NEGERI LAMREUNG (safrita, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANANDI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Sari Zahriati, 2017)

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 1 JEUMPET (Lusia Fitriana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy