//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PETANI TERHADAP USAHATANI NILAM DI KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reka Anggraini - Personal Name

Abstrak/Catatan

Reka Anggraini. 01405102010029. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Petani Terhadap Usahatani Nilam di Kabupaten Aceh Jaya. di bawah bimbingan Dr. Lukman Hakim, SP, M.P sebagai pembimbing utama dan Agustina Arida, SP, M. Si. Sebagai pembimbing anggota. RINGKASAN Aceh Jaya merupakan salah satu lokasi yang membudidayakan tanaman nilam karena tanaman nilam banyak dijadikan sebagai perekat wangi. Nilam banyak dibutuhkan oleh perusahaan sebagai bahan pembuat parfum, kosmetik, dan obat-obatan. Tanaman nilam di kabupaten Aceh Jaya telah ditanam sejak 20 tahun yang lalu, namun perkembangan budidayanya masih dilakukan secara tradisional. Nilam termasuk komoditas ekspor yang dapat memberikan kontribusi untuk Kabupaten Aceh Jaya. Dari segi pengembangan wilayah, keberadaan usahatani nilam menjadi pusat kegiatan perekonomian subsektor pertanian, perkebunan, maupun kehutanan yang akan memberikan dampak positif bagi pengembangan pembangunan daerah tersebut. Minat petani terhadap budidaya nilam masih sangat dipengaruhi oleh tingkat pendapatan. Padahal harga minyak nilam di pasar sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat petani dalam usahatani nilam di Kabupaten Aceh Jaya. Pada penelitian ini penetapan sampel menggunakan metode sampel acak (Random Sampling). Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Skala ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert rating (SLR). Kemudian setelah skor jawaban responden terkumpul dilakukan uji validitas, rehabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat petani terhadap usahatani nilam di Kabupaten Aceh Jaya mempunyai nilai signifikansi dari setiap variabel pengalaman, pendapatan dan pendidikan berturut-turut adalah (0,017 < 0,05), (0,028 < 0,05) dan (0,397 > 0,05). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat petani dalam melakukan usahatani nilam di Kabupaten Aceh Jaya adalah pengalaman dan pendapatan dengan persentase sebesar 43,3% dengan jumlah petani sebanyak 26 orang dan 13,3% untuk pendapatan petani sebesar < Rp 1.000.000. Sedangkan faktor pendidikan tidak mempengaruhi minat petani dalam usahatani nilam di Kabupaten Aceh Jaya dikarenakan 91,7% petani tidak menempuh pendidikan tinggi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHATANI NILAM DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN ACEH SELATAN. (Julyandhika Rahman, 2016)

MOTIVASI PETANI DALAM MELAKUKAN USAHATANI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN BAKONGAN TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Masrafit, 2013)

ANALISIS EFISIENSI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI KAKAO DI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Dahrul Yani, 2017)

ANALISIS KERENTANAN EKONOMI PETANI NILAM DAN KESEDIAAN UNTUK BERGABUNG DALAM ASURANSI BENCANA DI KABUPATEN ACEH JAYA (ANNISA UMUL FITRAH, 2018)

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI PADI TERHADAP RISIKO USAHATANI PADI DI KABUPATEN ACEH BESAR, PIDIE JAYA DAN ACEH TENGAH (WILDA WAHYUNI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy