//

HUBUNGAN INDUKSI PERSALINAN DENGAN OKSITOSIN TERHADAP KEBERHASILAN MENYUSUI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Andi Putra Meliala - Personal Name

Abstrak/Catatan

Oksitosin eksogen telah digunakan dalam proses induksi persalinan. Secara fisiologis, oksitosin endogen telah diketahui fungsinya dalam proses pengeluaran Air Susu Ibu (ASI) dan meningkatkan kontraksi miometrium dalam proses persalinan. Namun, efek pemberian oksitosin eksogen terhadap pengeluaran ASI hingga saat ini masih belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan pemberian oksitosin eksogen dalam proses induksi persalinan terhadap keberhasilan menyusui dengan parameter kecukupan ASI. Penelitian ini menggunakan rancangan kohort prospektif dengan jumlah subjek yang diteliti 106 orang (54 kasus, 52 kontrol). Subjek yang mendapatkan pemberian oksitosin eksogen dalam induksi persalinan dimasukkan kedalam kelompok kasus, sedangkan kelompok kontrol terdiri dari responden yang tidak mendapatkan pemberian oksitosin. Pengambilan sampel dilakukan di RSUD Zainoel Abidin, Banda Aceh dengan menggunakan metode total sampling. Analisis data secara bivariat dan multivariat masing- masing menggunakan uji korelasi koefisien kontingensi dengan Lambda dan uji regresi logistik. Hasil dari penelitian ini didapatkan adanya korelasi positif yang signifikan antara pemberian oksitosin eksogen pada induksi persalinan terhadap keberhasilan menyusui (r = 0.490, p= 0.000). Faktor lain yang berpengaruh terhadap keberhasilan menyusui adalah usia ibu (r= 0.449, p= 0.001), paritas (r= 0.388, p= 0.007) dan rasa nyeri (r= -0.347, p= 0.034). Sebagai kesimpulan, pemberian oksitosin eksogen dalam induksi persalinan meningkatkan keberhasilan menyusui.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN USIA, PARITAS, DAN USIA KEHAMILAN DENGAN KEGAGALAN INDUKSI PERSALINAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BANDA ACEH (Indra Patria, 2016)

HUBUNGAN USIA, PARITAS, DAN USIA KEHAMILAN DENGAN KEGAGALAN INDUKSI PERSALINAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BANDA ACEH (Indra Patria, 2014)

PENGARUH MENYUSUI NON-EKSKLUSIF TERHADAP INDEKS ANTROPOMETRI BAYI SECTIO CAESAREA USIA 0-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (AULIA MUJIZATUN F, 2018)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU DENGAN PENGETAHUAN TENTANG TEKNIK MENYUSUI YANG BENAR DI BLUD RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BANDA ACEH TAHUN 2014 (Nurul Akmalia, 2014)

EFEKTIFITAS PIJAT OKSITOSIN TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU POST PARTUM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014 (MARIATUL KIFTIA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy