//

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SUSU KAMBING DI UD. ATJEH LIVESTOCK KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizky Utami - Personal Name

Abstrak/Catatan

Rizky Utami. 1405102010030. Strategi Pengembangan Usaha Susu Kambing Di UD. Atjeh Livestock Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh dibawah bimbingan Dr. Ir. Fajri Jakfar, M. Sc sebagai pembimbing Utama dan Widyawati, SE, M. Si, Ak sebagai pembimbing anggota. RINGKASAN Kota Banda Aceh merupakan salah satu daerah yang mempunyai sektor berbasis peternakan. UD. Atjeh Livestock merupakan salah satu unit usaha yang berpotensi di Kota Banda Aceh dalam bidang hasil ternak yaitu susu kambing. Permintaan konsumen terhadap produk susu kambing yang selalu meningkat dari 70 botol hingga sampai 150 botol/hari menjadi permasalahan yang masih dihadapi. Produksi susu kambing yang dihasilkan dapat berkurang apabila pemberian pakan tidak tepat waktu dan jenis pakan yang tidak sesuai akan menurunkan jumlah produksi susu kambing. Selain itu modal yang terbatas yang dimiliki oleh pemilik usaha juga menjadi suatu hambatan untuk dapat mengembangkan usaha susu kambing. Keterbatasan modal mengakibatkan terbatasnya produksi, sehingga belum dapat memenuhi permintaan konsumen. Usaha produk susu kambing harus terus ditingkatkan dan dikembangkan agar bisa menghasilkan produk yang diminati oleh konsumen. Apabila peningkatan permintaan susu kambing tidak diikuti dengan peningkatan produksinya maka dapat menyebabkan tidak terpenuhinya permintaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang dihadapi untuk mengetahui strategi pengembangan usaha susu kambing yang dapat diterapkan pada UD. Atjeh Livestock. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Atjeh Livestock memiliki faktor internal dan ekternal dalam pengembangan usaha. Adapun faktor internal terdiri kekuatan dan kelemahan. Kekuatan faktor internal yaitu Manajemen Sumberdaya manusia yang baik, kualitas dan mutu produk yang terjamin, lokasi usaha yang strategis, harga produk yang terjangkau, tersedianya variasi produk dan lancarnya promosi produk. Sedangkan kelemahannya terdiri dari modal usaha yang masih kurang, produksi yang terbatas, teknologi yang kurang modern, belum adanya label/ merek pada kemasan dan belum adanya fasilitas antar/delivery bagi konsumen. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari peluang dan ancaman. Peluang terdiri atas pangsa pasar yang ada, daya beli masyarakat, permintaan yang semakin meningkat, pertumbuhan penduduk, sosial budaya masyarakat dan hubungan yang terjalin baik dengan konsumen Sedangkan ancaman terdiri dari harga bahan baku ternak yang terus meningkat dan persaingan produk. Berdasarkan hasil dari diagram SWOT menunjukkan posisi usaha susu kambing UD. Atjeh Livestock berada pada kuadran I yaitu strategi agresif (1,950:1,317). Hasil dari analisis SWOT strategi yang disarankan kepada pemiliki usaha adalah strategi agresif (S-O) dengan meningkatkan jumlah produksi agar dapat memenuhi permintaan konsumen dan penetapan harga produk sehingga terjalin hubungan baik dengan konsumen.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SUSU KAMBING DI UD. ATJEH LIVESTOCK KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Rizky Utami, 2019)

PROSPEK DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TERNAK KAMBING PERAH (STUDI KASUS UD. PUNA FARM DI DESA LAMDURO KABUPATENACEH BESAR) (HARDIANSYAH, 2016)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI SUSU KAMBING PERAH PERANAKAN ETAWA (PE) DI LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS DI UD.ATJEH LIVESTOCK FARM) (Rini Afrida, 2017)

JUMLAH CEMARAN TOTAL PLATE COUNT (TPC) DAN ESCHERICHIA COLI SUSU KAMBING SEGAR YANG BERASAL DARI USAHA TERNAK KAMBING PERAH DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Ibnu Affan, 2017)

EVALUASI ORGANOLEPTIK SUSU KAMBING FERMENTASI DENGAN PENAMBAHAN BUAH JAMBU BIJI MERAH (dara meutia, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy