//

OPTIMASI PERENCANAAN PENJADWALAN MENGGUNAKAN METODE KOMBINASI PEMROGRAMAN LINEAR DAN CONSTRAINT PROGRAMMING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aufaz Zihni - Personal Name

Abstrak/Catatan

PT Macmahon merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor penambangan. Perusahaan ini memiliki tanggung jawab kepada PT Lafarge Holcim untuk memenuhi target produksi batugamping sebesar 140.000 ton/bulan di Kuari I yang berlokasi di Lhoknga, Aceh Besar. Penambangan batugamping di Kuari I terdiri dari kegiatan pemboran, peledakan dan muat angkut. Kuari I memiliki lima front kerja aktif dengan jumlah cadangan dan produktivitas yang berbeda. Saat ini pemenuhan target produksi bergantung terhadap pengambilan batugamping dari ROM yang berasal dari penambangan di front yang memiliki produktivitas tinggi. Penambangan di front dengan produktivitas tinggi harus diminimalkan karena terbatasnya cadangan di lokasi tersebut, sehingga mencegah timbul risiko tidak tercukupinya target produksi di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan simulasi perencanaan penjadwalan yang dapat memenuhi target produksi dan memaksimalkan penambangan di front dengan produktivitas terendah selama jangka waktu 20 bulan dengan menggunakan metode pemograman linear dan constraint programming. Berdasarkan metode pemograman linear, didapatkan lokasi kerja perbulan dan durasi kerja. Jumlah tonase yang dihasilkan selama 20 bulan adalah 292.806,36 ton di RL160, 930.514,13 ton di Kolam, 1.225.584,13 ton di Selatan, 87.344,56 ton di Loading Point 2 dan 264.590,2 di Loading Point 3. Total makespan yang didapatkan dengan menggunakan metode constraint programming menghasilkan nilai 4.679,57 jam dari target yang ditentukan yaitu 4.680 jam. Kata kunci: makespan, pemrograman linear, constraint programming, ROM

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PENJADWALAN PERKULIAHAN SISTEM POST-ENROLLMENT DALAM IMPLEMENTASI ALGORITMA INTEGER PROGRAMMING 0 DAN 1 (STUDI KASUS PROGRAM STUDI MATEMATIKA FMIPA UNSYIAH) (REZA AULIA, 2018)

ANALISIS SENSITIVITAS PADA PENGOPTIMALAN PRODUKSI ALAT PERTANIAN (STUDI KASUS CV. MURSYILLA ACEH BESAR) (Hasittongan Tumanggor, 2019)

APLIKASI MODEL PROGRAM LINIER INTEGER PADA PENGOPTIMALAN PRODUKSI BLOK BETON (Furqan Nur, 2016)

OPTIMASI PEMENUHAN KECUKUPAN GIZI MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS : ACEH BESAR) (Nina Meutia, 2014)

OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS: UD. SARIGUT BAKERY) (Septian Misbahul, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy