//

ANALISIS BIOPLASTIK DARI PATI BERAS HITAM (ORYZA SATIVA L. INDICA) - KITOSAN MENGGUNAKAN PEMLASTIS REFINED BLEACHED DEODORIZED PALM OIL (RBDPO) SEBAGAI BAHAN EDIBLE FILM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Firawansyah - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang “Analisis Bioplastik Dari Pati Beras Hitam (Oryza sativa L. indica) - Kitosan Menggunakan Pemlastis Refined Bleached Deodorized Palm Oil (RBDPO) Sebagai Bahan Edible film”. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sifat edible film yang meliputi analisis struktur dengan FTIR menggunakan instrumen Agilent Technologies Cary 630, analisis sifat mekanik dengan IK UTM MCT-2150, dan analisis transmisi uap air. Pati beras hitam dibuat dengan cara menghancurkan beras hitam dengan blender dan mengendapkannya dalam air selama 24 jam. Pembuatan film plastik dilakukan dengan cara melarutkan pati beras hitam, kitosan dan RBDPO dengan larutan asam asetat 2%. Film plastik yang telah kering kemudian dikarakterisasi dengan FTIR, uji kuat tarik dan diuji transmisi uap air. Hasil karakterisasi gugus fungsi dengan FTIR menunjukkan bahwa gugus-gugus fungsi pati, kitosan dan RBDPO berinteraksi secara fisik dan tidak ada reaksi secara kimia hal ini dibuktikan dengan pergeseran bilangan gelombang setiap film plastik. Uji kuat tarik pada edible film pada komposisi pati : kitosan (25% : 75%) sebesar 11,8745 MPa, komposisi pati : kitosan (50% : 50%) sebesar 6,4007 MPa, dan komposisi pati : kitosan (75% : 25%) sebesar 29,1445 MPa, namun berbanding terbalik dengan elongasi, semakin tinggi konsentrasi kitosan yang ditambahkan maka nilai elongasi akan semakin kecil. Uji transmisi uap air pada edible film pada komposisi pati : kitosan (75% : 25%) sebesar 0,02636 g/m2/hari, komposisi pati : kitosan (50% : 50%) sebesar 0,02642 g/m2/hari, dan pada komposisi pati : kitosan (25% : 75%) sebesar 0,01662 g/m2/hari. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa edible film yang diperoleh memiliki kuat tarik yaitu sebesar 29,1445 Mpa namun nilai elongasi akan semakin kecil seiring dengan penambahan kitosan. Laju transmisi uap air berbanding lurus dengan konsentrasi kitosan dan plasticizer, semakin tinggi konsentrasi kitosan maka laju transmisi uap air akan semakin baik. Uji gugus fungsi pada sampel tidak terdapatnya gugus fungsi baru, hanya terjadi interaksi dibuktikan dengan pergeseran bilangan gelombang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS BIODEGRADASI PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI BERAS MERAH (ORYZA NIVARA) DAN KITOSAN MENGGUNAKAN PEMLASTIS REFINED BLEACHED DEODORIZED PALM OIL (RBDPO) (Alfian, 2018)

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI BIOPLASTIK DARI KITOSAN, PATI TALAS (COLOCASIA ESCULENTA) DAN MINYAK JARAK (Gunawan Fajri, 2017)

PROSES PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI TEPUNG BERAS DAN GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER (RATU NURUL ALAM NAQIATUDDIN, 2019)

PROSES PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI TEPUNG BERAS DAN GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER (ZULAIHA, 2019)

KOMBINASI PATI JANENG-KITOSAN DENGAN BAHAN PENGAWET ALAMI KUNYIT DAN ASAM ASKORBAT SEBAGAI EDIBLE COATING (KHAIRANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy