//

PERBANDINGAN PENGGUNAAN ANTIPSIKOTIK TIPIKAL DAN ATIPIKAL TERHADAP PERBAIKAN GEJALA POSITIF DAN NEGATIF PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI RSJ ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ulfa Jazilla - Personal Name

Abstrak/Catatan

Skizofrenia merupakan gangguan jiwa berat yang disebabkan oleh ketidakseimbangan neurotransmitter di otak. Antipsikotik merupakan pengobatan paling efektif dalam pemeliharaan gejala penyakit skizofrenia. Perbandingan kelebihan antipsikotik tipikal dan atipikal dalam memperbaiki gejala positif dan negatif pada skizofrenia masih banyak diperdebatkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan penggunaan antipsikotik tipikal dan atipikal terhadap perbaikan gejala positif dan negatif pada skizofrenia di RSJ Aceh. Desain penelitian ini adalah analitik cross sectional. Responden penelitian ini berjumlah 60 orang. Responden diambil menggunakan metode quota sampling. Selanjutnya. data dianalisis menggunakan uji t tidak berpasangan. Penelitian ini memperoleh rerata selisih skor PANSS perbaikan gejala positif pada antipsikotik tipikal sebesar 8,433 dan antipsikotik atipikal 8,933 menunjukkan p value 0,567. Rerata selisih skor PANSS perbaikan gejala positif pada antipsikotik tipikal sebesar 4,833 dan antipsikotik atipikal 6,566 menunjukkan p value 0,187. Kesimpulan dari penelitian, tidak terdapat perbedaan efektivitas penggunaan antipsikotik tipikal dan atipikal dalam memperbaiki gejala positif dan negative pada pasien skizofrenia di RSJ Aceh. Kata Kunci : Antipsikotik, Tipikal, Atipikal, Gejala Positif, Gejala Negatif, Skizofrenia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SINDROM PARKINSONISME TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA BANDA ACEH (Reza Hafiyyan, 2017)

HUBUNGAN POLA PEMBERIAN OBAT ANTIPSIKOTIK TERHADAP EFEK SAMPING PARKINSONISME PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA ACEH TAHUN 2015 (Muhammad Adithia, 2016)

ANALISIS PROFIL PENGGUNAAN ANTIPSIKOTIK PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI ACEH (M. Afrizal Maulana, 2016)

PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN ANTIPSIKOTIK ATIPIKAL TERHADAP PENINGKATAN KADAR GULA DARAH SEWAKTU PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RSJ ACEH (Afra Chaula, 2017)

HUBUNGAN PEMBERIAN ANTIPSIKOTIK RISPERIDON DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Reiza Muhammad, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy