//

PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI WAHYUNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sri Wahyuni. 2018. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M. Pd (2) Rosmiati, S. Pd. I, M. Ed Kata kunci : pembelajaran, anak berkebutuhan khusus Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang berbeda dengan anak tidak berkebutuhan khusus pada umumnya, perbedaan itu terlihat dari aspek fisik motorik, dan sosial emosional. Idealnya anak berkebutuhan khusus sekolah di sekolah luar biasa (SLB), namun karena SLB tidak tersedia di semua daerah secara merata, maka orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus menyekolahkan anaknya di sekolah umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran anak berkebutuhan khusus, dan kendala apa saja yang dihadapi guru dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di TK FKIP Unsyiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu salah seorang guru kelas, objek penelitian adalah dua orang anak berkebutuhan khusus berjenis kelamin laki-laki. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus dilaksanakan dalam kelas yang sama dengan anak tidak berkebutuhan khusus. Di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh menggunakan model pembelajaran kelompok dan area. Khusus untuk anak berkebutuhan khusus, ketika mereka bertingkah dalam kelas saat pembelajaran, guru menggunakan pendekatan individual dengan cara merangkul, memeluk, dan memberikan sentuhan. Kendala yang dihadapi guru yaitu minimnya pengetahuan guru dalam memahami karakteristik dan pendekatan penanganan anak berkebutuhan khusus. Jumlah guru tidak seimbang dengan jumlah anak, karena tidak tersedianya guru khusus untuk anak berkebutuhan khusus di dalam kelas. Sebaiknya pihak sekolah memberi wawasan pengetahuan kepada guru tentang penanganan terhadap anak berkebutuhan khusus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI SISWA-SISWI TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SDN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (SAFRINA, 2015)

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (SUATU PENELITIAN PADA SDN 25 BANDA ACEH) (suryani, 2014)

GAMBARAN PERTUMBUHAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA DI BANDA ACEH (Novi Rista Ananda, 2016)

GAMBARAN PERTUMBUHAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA DI BANDA ACEH (Novi Rista Ananda, 2014)

KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI 25 BANDA ACEH (Ratna Dewi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy