//

PESAN-PESAN DALAM IKLAN TOKOPEDIA (ANALISIS SEMIOTIK VIDEO TOKOPEDIA VERSI “ISYANA VS GANGSTER”)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Riyaldi Chafizam - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Belanja online merupakan salah satu media yang saat ini sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat sekitar sebagai sarana alat informasi yang sangat membantu bagi kalangan yang ingin membeli barang secara mudah dan praktis. Penelitian terdahulu merupakan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti lain namun dengan kajian yang serupa. Penelitian terdahulu memiliki fungsi sebagai pendukung dari penelitian ini. Adapun penelitian lain tersebut menggunakan teori dan konsep yang tidak jauh berbeda dengan yang digunakan pada penelitian ini. Penelitian semiotik merupakan penelitaian kualitatif yang tidak bertumpu pada prinsip generalisasi. Metode penelitian analisis semiotik ini menggunakan teori Roland Barthes untuk menelaah simbolik-simbolik dalam iklan tersebut. Deskripsi lengkap yang dicari sebagai informasi bukan terlihat seberapa banyak muncul namun seperti apa fenomena–fenomena tersebut digambarkan. Iklan yang menjadi objek penelitian adalah tokopedia “Isyana VS Gangster”. Iklan yang berdurasi 30 detik itu merupakan produksi TVC Tokopedia dan diiklankan ke seluruh stasiun televisi indonesia dan diiklankan di channel youtube. Hasil Penelitian Iklan ini tentang bagaimana kita mengatur sikap, tingkah laku dan sifat dalam pandangan orang sekitar. Kata Kunci: Komunikasi semiotik, pesan iklan, belanja online, Teori Roland Barthes. ABSTRACT Online shopping is one of the media that is currently being discussed by many people around as a means of information tools that are very helpful for those who want to buy goods easily and practically. Previous research is research that has been carried out by other researchers but with similar studies. Previous research has a function as a supporter of this research. The other research uses theories and concepts that are not much different from those used in this study. Semiotic research is a qualitative research that does not rely on the principle of generalization. This semiotic analysis method uses Roland Barthes's theory to examine the symbolic symbols in the ad. The full description that is sought as information does not look how much it appears but what the phenomena are described. The advertisement that becomes the object of research is Tokopedia "Isyana VS Gangster". The 30-second ad is the production of TVC Tokopedia and is advertised to all Indonesian television stations and advertised on the YouTube channel. Research Results This advertisement of how we regulate attitudes, behavior and traits in the views of people around. Keywords: Semiotic Communication, advertising messages, online shopping, Roland Barthes Theory.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR IKLAN YANG MEMPENGARUHI SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPEEDYRN(STUDI PELANGGAN SPEEDY DI BANDA ACEH) (Syahnaz Febrina, 2014)

PEMAKNAAN PESAN IKLAN FEAR PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI TELEVISI (aslinda, 2016)

ANALISIS PENANDA VERBAL DAN PENANDA VISUAL (ANALISIS SEMIOTIKA) DALAM IKLAN LAYANAN JASA OLX.CO.ID (Intan Munawarah, 2016)

KREATIVITAS SATLANTAS ACEH BESAR MENGEMAS PESAN-PESAN KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENSOSIALISASIKAN KETAATAN BERLALU LINTAS (YAZIE RAHMADI JZ, 2019)

PENGARUH KREATIVITAS IKLAN, DAYA TARIK IKLAN DAN KUALITAS PESAN TERHADAP MINAT BELI (STUDI KASUS PADA PRODUK SMARTPHONE VIVO DI KOTA BANDA ACEH) (RAIYA ARRAZAQ, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy