//

PEMANFAATAN SMART BOARD PADA MATERI TRANSFORMASI DI KELAS VIII SPK SMP TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Rahmah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmah, Nurul. 2018. Pemanfaatan Smart Board pada Materi Transformasi di Kelas VIII SPK SMP Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Cut Morina Zubainur, S.Pd., M.Pd., (2) Dra. Tuti Zubaidah, M.Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan media pembelajaran, Smart board, Transformasi Pemanfaatan smart board telah diaplikasikan oleh guru di SPK SMP Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Banda Aceh. Pemanfaatan media tersebut perlu diukur terutama pada aspek pemanfaatan smart board dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan smart board pada pembelajaran matematika yaitu pada materi transformasi, aktivitas siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan secara bertahap yaitu dengan reduksi data, penyajian data, triangulasi data, dan penyimpulan data. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru matematika dan 24 siswa di kelas VIII. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi pengajaran guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar pedoman wawancara guru, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa smart board dimanfaatkan sebagai pengganti papan tulis dan media untuk menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk power point. Selain itu guru juga memanfaatkan smart board untuk menampilkan video pembelajaran mengenai materi transformasi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan smart board sangat aktif. Respon siswa dalam pembelajaran materi transformasi dengan menggunakan smart board juga sangat positif. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan smart board pada pembelajaran materi transformasi di kelas VIII sudah dilakukan dengan sangat baik, siswa juga aktif dalam pembelajaran materi transformasi dengan memanfaatkan media smart board, serta siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran materi transformasi dengan menggunakan smart board.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL DENGAN SISWA SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Mahdalena, 2017)

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SETARA PISA YANG BERBENTUK PROBLEM SOLVING PADA KELAS VIII SMP TEUKU NYAK ARIF FATIH BILLINGUAL SCHOOL BANDA ACEH ZAINABAR (Zainabar, 2014)

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT KABUPATEN/KOTA PADA SISWA KELAS XI SMA TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH TAHUN 2013 (Laiyina Ukhti, 2014)

AN EVALUATION OF ENGLISH TEXTBOOK “AIM HIGH 3” (A QUALITATIVE RESEARCH AT SMA TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL) (Sitti Jamilah, 2018)

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER GITAR DI SEKOLAH TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL (LADIES) (CUT MAULINDA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy