//

KEEFEKTIVAN PEMBELAJARAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Febri Iswoni Pratama - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Pratama, febri iswoni. 2018. Keefektivan Pembelajaran Siswa Melalui Model Problem Based Learning di SMP Negeri 10 Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dr. Cut Morina Zubainur, S.Pd., M.Pd. (2) Cut Khairunnisak, S.Pd., M. Sc. Kata Kunci: Keefektivan pembelajaran, Teori Borich. Problem Based Learning (PBL). Suasana pembelajaran, manajemen kelas, variasi instruksi, hubungan antar siswa kurang mendapatkan perhatian dari guru. Padahal aspek-aspek tersebut sangat mempengaruhi keefektivan pembelajaran untuk menentukan kualitas pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektivan pembelajaran siswa menggunakan model problem based learning (PBL) di SMP Negeri 10 Banda Aceh. Keefektivan pembelajaran tersebut didasarkan atas delapan aspek yang dikemukakan Borich yaitu, suasana pembelajaran, manajemen kelas, variasi instruksi, orientasi tugas, hubungan antar siswa, kejelasan pembelajaran, kesuksesan siswa dan hasil kinerja yang lebih tinggi dari siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui lembar observasi keefektivan pembelajaran kelas berdasarkan Borich, lembar refleksi guru model, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa keefektivan pembelajaran dengan model PBL dapat memenuhi enam dari delapan aspek keefektivan yang diukur yaitu suasana lingkungan kelas, manajemen kelas, orientasi tugas, variasi instruksi, keterlibatan siswa dan kejelasan pembelajaran. Namun, belum memenuhi dua aspek lainnya yaitu kesuksesan siswa dan hasil kinerja siswa yang lebih tinggi. Suasana lingkungan kelas terlihat dari cara guru membangun suasana kelas dan interaksi dengan siswa. Manajemen kelas dilihat dari cara guru mengatur dan mengontrol kelas. Variasi instruksi dilihat dari metode pembelajaran yang guru gunakan baik visual maupun lisan. Orientasi tugas dilihat dari cara guru memberikan berbagai tugas. Keterlibatan siswa dilihat dari cara siswa bekerja sama dalam kelompok. Kejelasan pembelajaran dilihat dari rencana pembelajaran guru. Kesuksesan siswa dan hasil kinerja yang lebih tinggi dilihat melalui tes kemampuan pemecahan matematika siswa. Implikasi penelitian ini perlu diukur efektivitas pembelajaran secara rinci sehingga guru dapat menetapkan strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan kondisi kelas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BANDA ACEH (Winda Handayani, 2018)

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Mita Prancinitia, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERISTIWA ALAM KELAS V SDN 56 BANDA ACEH (raudha hadi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy