//

ANALISIS POSISI BASIS SUB SEKTOR PERTANIAN, KEHUTANAN, DAN PERIKANAN WILAYAH KABUPATEN ACEH UTARA DENGAN PENDEKATAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NUR INDRIANA - Personal Name
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Abstrak. Salah satu upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi ialah dengan mengembangkan sektor ekonomi yang diprioritaskan Dalam perkembangan sektor yang diprioritaskan tersebut diharapkan mampu memenuhi dorongan pasar terutama dalam menyanggupi permintaan ekspor ataupun mengirimkan barang dan jasa ke luar daerah. Sektor yang dapat dipertimbangkan menjadi basis perekonomian didasarkan pada pertimbangan besarnya pangsa atau kontribusinya terhadap PDRB dan pertumbuhannya serta keberlanjutannya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi basis pada masing-masing sub sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan yang ada di Kabupaten Aceh Utara serta untuk mengetahui perubahan posisi basis masing-masing sub sektor tersebut dimasa mendatang. Data penelitian yang digunkana adalah data sekunder kurun waktu 2007-2016. Model analisis yang digunakan adalah Location Quotient, Dynamic Location Quotient, dan Shift Share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sub sektor pertanian, peternakan, perburuan dan jasa pertanian merupakan sub sektor non basis dengan nilai rata-rata LQ sebesar 0,89. Masing-masing sub sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan akan berada pada posisi basis dimasa yang akan datang. Dimana nilai DLQ sub sektor pertanian, peternakan, perburuan dan jasa pertanian sebesar 5,25. Nilai DLQ sub sektor kehutanan dan penebangan kayu sebesar 7,83. Nilai DLQ sub sektor perikanan sebesar 4,89.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS STRUKTUR PEREKONOMIAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH (INDRYANI YUSRA, 2019)

ANALISIS KONTRIBUSI SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO KABUPATEN/KOTA PROVINSI ACEH (Raisa Fajri, 2018)

PERKEMBANGAN KOTA LHOKSEUMAWE, 1974-2014 (STUDI TENTANG: PEREKONOMIAN) (jannaturridha, 2016)

IDENTIFIKASI PENGARUH SEKTOR PADA PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO KABUPATEN ACEH BESAR MELALUI PENDEKATAN DISTRIBUSI GAMMA (Keumala Andayani, 2017)

ANALISIS SEKTOR EKONOMI UNGGULAN DAN POTENSIAL KABUPATEN ACEH SELATAN (AWALIL RISKI HARZI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy