//

STUDI PENGETAHUAN DAN TINDAKAN MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DI KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fatisa Herlinda - Personal Name
SubjectMALARIA - INCIDENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: pengetahuan, tindakan, malaria. Penelitian “Studi Pengetahuan dan Tindakan Masyarakat Tentang Pencegahan Malaria di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya”, dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan tindakan masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit malaria di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan dari tanggal 2 sampai 9 November 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh KK di desa Alue Kambuk dan Seumambek, Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya sebanyak 165 KK. Sampel dalam penelitian ini adalah KK di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya di Desa Alue Kambuk sebanyak 31 KK dan di Desa Seumambek sebanyak 10 KK yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kepada responden secara langsung dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan masyarakat di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya tentang malaria tidak baik. Pengetahuan mengenai pengetahuan umum tentang malaria tidak baik (36,89%), tentang penularan tidak baik (29,88%), tentang gejala tidak baik (31,71), tentang pengobatan tidak baik (52,03) dan tentang pencegahan juga tidak baik (34,15%). Tindakan masyarakat tentang pencegahan malaria di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya cukup baik (58,08%).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS RISIKO KARAKTERISTIK, FAKTOR SOSIAL EKONOMI, PERILAKU MASYARAKAT DAN KONDISI LINGKUNGAN RUMAH TERHADAP KEJADIAN MALARIA DI KECAMATAN ARONGAN LAMBALEK KABUPATEN ACEH BARAT (Susy Sriwahyuni Sukiswo, 2015)

GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA MALARIA DI KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH (Farid Alfatah, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT DENGAN KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA W ABAH PENYAKIT MALARIA DI KABUPATEN ACEH BESAR (SAIDY FAHRUL RADHI, 2016)

PERKEMBANGAN SUKA MAKMUE MENJADI PUSAT PEMERINTAHAN KABUPATEN NAGAN RAYA, 2002-2016 (Zulhasmi, 2018)

PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PENYULUHAN MALARIA YANG DILAKUKAN PUSKESMAS TERHADAP KEJADIAN MALARIA PADA MASYARAKAT YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI PENYULUHAN DI KELURAHAN JEL LINGKE KECAMATAN SYIAH KUALA (Ria Afrina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy