//

SIMULASI DISTRIBUSI POTENSIAL KOROSI PADA PROTEKSI KATODIK BETON BERTULANG DENGAN MEMVARIASIKAN UKURAN ELEMEN MENGGUNAKAN BEM-3D

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ginting Arief Pinanta - Personal Name
SubjectREINFORCED CONCRETE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Abstrak Proteksi katodik anoda korban salah satu metode dalam pemecahan masalah korosi. Anoda yang sering digunakan pada proteksi katodik anoda korban adalah zink dan alumunium. Namun sistem proteksi katodik sulit dievaluasi tanpa terlebih dahulu mengaplikasikannya secara langsung. Karena itu dibutuhkan metode lain untuk mengevaluasi sistem proteksi katodik sebelum diaplikasikan. Untuk mengatasi kendala ini dapat menggunakan metode elemen batas (BEM). Kelebihan BEM dibandingkan dengan metode lainnya ialah hanya membutuhkan data dipermukaan geometri yang akan di kalkulasi. Namun, pengaruh parameter ukuran elemen terhadap BEM masih perlu dipelajari lebih lanjut. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mempelajari pengaruh parameter ukuran elemen terhadap distribusi potensial beton bertulang. Simulasi pada proteksi katodik anoda korban beton bertulang ini berdasarkan desain peneliti sebelumnya. Simulasi yang dilakukan menggunakan tiga variasi ukuran elemen yaitu (312,5 ; 200 ; 106,6) mm2. Nilai distribusi potensial dari hasil simulasi ukuran elemen tersebut menunjukkan selisih nilai kurang dari 5 mV. Hal ini menunjukkan bahwa variasi ukuran elemen (312,5 ; 200 ; 106,6) mm2 tidak berpengaruh terhadap distribusi potensial pada beton bertulang. Kata kunci: Korosi, BEM, Ukuran Elemen, Proteksi Katodik, Beton Bertulang, Anoda Korban

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIMULASI EFEKTIFITAS DESAIN SISTEM PROTEKSI KATODIK ANODA KORBAN PADA BALOK BETON BERTULANG DERMAGA MENGGUNAKAN METODE ELEMEN BATAS 3D (M. Rizky Hidayatullah, 2015)

SIMULASI PENGARUH KONDUKTIFITAS BETON DAN UKURAN ANODA KORBAN TERHADAP PROTEKSI KATODIK ANODA KORBAN PADA BETON BERTULANG MENGGUNAKAN BEM 3-D (Ahmad Zaim, 2016)

STUDI PENGARUH RASIO ELEMEN TERHADAP DISTRIBUSI POTENSIAL SISTEM PROTEKSI KATODIK PADA BETON BERTULANG MENGGUNAKAN BEM-3D (FRAN TONI, 2019)

SIMULASI EFEKTIVITAS ANODA GALVANIK PADA SISTEM PROTEKSI KATODIK BETON BERTULANG MENGGUNAKAN BEM-3D (Muzaiyin Arika Putra, 2016)

ANALISIS PROTEKSI KATODIK ANODA KORBAN PADA BETON BERTULANG MENGGUNAKAN METODE HALF-CELL POTENTIAL MAPPING (IQBAL AMRAN, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy