//

PEMETAAN LOKASI DAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA DI KECAMATAN KOTA SIGLI KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HUSNA MAULIDA - Personal Name
SubjectTSUNAMI
DISASTERS - SOCIAL SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kecamatan Kota Sigli merupakan salah satu Kecamatan yang terkena tsunami 2004. Pada saat itu masyarakat belum mengerti dengan bahayanya tsunami dan tidak paham cara menyelamatkan diri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi lokasi dan jalur evakuasi tsunami yang efektif serta memetakan lokasi dan jalur evakuasi tsunami di Kecamatan Kota Sigli dengan menggunakan algoritma Dijkstra. Data untuk penelitian ini, diperoleh dari wawancara dengan wakil masyarakat sebanyak 32 orang di 16 desa untuk mendapatkan data genangan tsunami (data primer). Peta administrasi, peta topografi, peta kepadatan penduduk, peta kontur dan peta penggunaan lahan yang diperoleh dari berbagai instansi terkait (data sekunder). Hasil penelitian menunjukkan bahwa evakuasi horizontal dilakukan melalui jalan-jalan raya dengan menjauh dari pantai mengarah ke 4 titik lokasi yang direkomendasi berdasarkan kalayakan fisik lahan. Untuk lokasi evakuasi vertikal dapat direkomendasikan 24 bangunan di 7 desa dengan syarat terlebih dahulu uji kelayakan struktural dan mendapatkan izin penggunaan. Kata Kunci: Lokasi evakuasi, Jalur evakuasi, Algoritma Dijkstra.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI MENGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS KECAMATAN PEUKAN BADA) ACEH BESAR (Rukkaan Sujjada, 2018)

ANALISA DAN PEMETAAN JALUR EVAKUASI TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (M Ikhwan Maulana, 2015)

ANALISA PEMETAAN JALUR EVAKUASI SEKOLAH-SEKOLAH YANG RAWAN TERHADAP BENCANA TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Oriza Nuansa Putra, 2018)

KAJIAN JALUR EVAKUASI DAN TITIK EVAKUASI BENCANA GEMPABUMI BERPOTENSI TSUNAMI ( STUDI KASUS KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH ) (Zainal Abidin, 2013)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI PADA DESA MERDUATI DAN DESA LAMPASEH KOTA KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH (Rifha Fachriani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy