//

MANAJEMEN PARKIR DI PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE LHEUE BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRFAN ANUGRAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Fasilitas parkir pelabuhan merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan, dikarenakan ini menjadi salah satu fasilitas yang vital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memarkirkan kendaraannya. Tingginya jumlah pertumbuhan penumpang dari tahun ke tahun menjadi salah satu tolak ukur dalam menganalisis kinerja fasilitas parkir. Rata-rata kenaikan penumpang dari tahun 2015 hingga 2017 adalah sebesar 5%. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati fasilitas dan penataan parkir di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh, serta melakukan desain ulang fasilitas parkir jika dibutuhkan. Lokasi parkir yang disediakan untuk sepeda motor dibagi pada 2 titik yaitu parkiran didekat musholla dan parkiran disamping kantin pelabuhan, sedangkan untuk parkiran mobil penumpang terdapat didepan gedung utama terminal Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan selama 2 (dua) hari yaitu Rabu (1 Agustus 2018) dan Sabtu (4 Agustus 2018) pada pukul 07.00 – 17.00 WIB. Jumlah kendaraan parkir maksimum perjam pada 2 hari pengamatan untuk segmen I, II, dan III berturut-turut 75 sepeda motor, 64 mobil penumpang dan 97 sepeda motor. Sementara pada hari Sabtu, 4 Agustus 2018 jumlah parkir maksimum perjam adalah 88 sepeda motor, 62 mobil penumpang dan 99 sepeda motor. Indeks Parkir (IP) maksimum pada setiap segmen adalah 78% untuk segmen I, 100% untuk segmen II dan 123,75% untuk segmen III. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa kebutuhan parkir pada segmen I masih dibawah daya tampung yang ada, namun masih harus diperbaiki pada desain dan penataan pola parkirnya. Pada segmen II, kebutuhan parkir seimbang dengan daya tampung yang ada, namun disarankan parkir becak yang satu segmen dengan mobil penumpang agar dikurangi guna mengoptimalkan ruang parkir untuk mobil penumpang. Sementara itu pada segmen III kebutuhan parkir melebihi daya tampung yang ada atau terjadi masalah parkir, sehingga diperlukan penataan pola parkir pada segmen ini. Kata kunci: Karakteristik parkir, kebutuhan parkir, pola parkir.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PERBANDINGAN PASANG SURUT DI PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE LHEUE DAN DI PELABUHAN BARANG PT. LAFARGE CEMENT LHOKNGA (RIZAL FAHMI, 2014)

EVALUASI TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN FASILITAS PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE-LHEUE BANDA ACEH (ANDI ZERYANDA, 2014)

ANALISIS SEDIMENTASI KOLAM PELABUHAN ULEE LHEUE PADA KONDISI RE-DESIGN BREAKWATER DENGAN MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK DELFT3D (Cut Rizky Ananda, 2018)

MANAJEMEN PARKIR DI PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE LHEUE BANDA ACEH (IRFAN ANUGRAH, 2019)

PERHITUNGAN KEBUTUHAN LAHAN PARKIR PELABUHAN PENYEBERANGAN LABUHAN HAJI ACEH SELATAN (S.M.M. Abdul Aziz Qalil, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy