//

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KECAMBAH KACANG HIJAU DAN GULA TERHADAP KUALITAS NATA DE CORN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIDA SIRTA DEWI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jagung (Zea Mays L) merupakan salah satu komoditas penting kedua setelah padi/beras. Jagung memiliki kandungan gizi yang sangat banyak seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin A, vitamin B, vitamin C, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, dan zink. Jagung juga bisa dibuat sebagai produk fermentasi dari bakteri Acetobacter xylinum yang menghasilkan Nata de corn dengan mengubah gula yang terdapat pada subtrat. Dalam penelitian ini tujuan yang akan dicapai adalah untuk mengetahui kualitas nata de corn (meliputi ketebalan, rendemen, kadar serat, cemaran logam dan sifat organoleptik) dengan pengaruh penambahan gula dan ekstrak kecambah kacang hijau. Pada pembuatan nata de corn mula-mula peralatan yang digunakan disterilkan terlebih dahulu, jagung dihancurkan untuk diambil subtratnya yang akan dijadikan medium tumbuh bakteri dan ditambahkan gula sesuai variabel (6%; 8% dan 10%) serta dan ekstrak kecambah kacang hijau sesuai variabel (0%; 0,25%; 0,50% dan 0,75%) kemudian dipanaskan pada suhu 100 o C hingga mendidih. Setelah dingin diatur pH dengan asam cuka 25% sampai optimumnya 4,5. Diinokulasikan starter kedalam medium fermentasi sebanyak 100 ml dan difermentasikan selama 14 hari. Hasil pengujian karakteristik mutu nata de corn menunjukan bahwa rendemen nata tertinggi yaitu 32,12%; ketebalan nata tertinggi yaitu 0,87cm; kadar serat tertinggi yaitu 4,02%; hasil uji organoleptik terhadap warna, tekstur, aroma dan rasa menunjukan agak suka-netral dan cemaran logam terhadap Pb yaitu 0,0390mg/kg; Cu yaitu 0,1117mg/kg serta Zn yaitu 0,4515mg/kg. Kata Kunci : Jagung, bakteri Acetobacter xylinum, ekstrak kecambah kacang hijau, fermentasi dan nata de corn.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KECAMBAH KACANG HIJAU DAN GULA TERHADAP KUALITAS NATA DE CORN (RIDA SIRTA DEWI, 2018)

PENGARUH PENAMBAHAN NUTRISI GULA DAN AMONIUM SULFAT TERHADAP KUALITAS NATA DE SOYA (zurrahmah, 2014)

VARIASI PENGGUNAAN JENIS BAHAN BAKU (AIR CUCIAN BERAS DAN AIR KELAPA) DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK TAUGE TERHADAP RENDEMEN DAN MUTU NATA (NURUL IZZATI, 2019)

ANALISIS DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN SIRIH HIJAU (PIPER BETLE L.)TERHADAP MIKROORGANISME INDIKATOR MASTITIS (DICKY RIZALDI RAMBE, 2019)

PENINGKATAN KUALITAS SUSU FERMENTASI DENGAN PENAMBAHAN KACANG HIJAU PADA JENIS SUSU YANG BERBEDA (Nurkhalis, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy