//

JENIS TUMBUHAN, SIKAP MASYARAKAT DAN UPAYA KONSERVASI TERHADAP TUMBUHAN OBAT PASCA BERSALIN DIKABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FIRDA RAHMI - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
HERBS
POSTNATAL CARE - OBSTRETRICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan, cara pengolahan tumbuhan, cara masyarakat memperoleh tumbuhan, mengetahui sikap masyarakat, mengetahui langkah yang dilakukan masyarakat dalam mengkonservasi tumbuhan obat yang digunakan untuk pasca bersalin. Penelitian dilakukan bulan Januari-Maret Tahun 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey eksploratif. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Aceh Barat Daya, dengan sampel berjumlah 36 responden (key informant) yang terdiri dari: dukun beranak, bidan, ibu melahirkan dan ibu subur. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar wawancara. Analisis data untuk mengetahui keanekaragaman jenis tumbuhan, cara pengolahan tumbuhan, bagaimana cara masyarakat memperoleh tumbuhan dengan menggunakan tumbuhan obat pasca bersalin dilakukan wawancara terstruktur, data hasil wawancara ditabulasikan ke dalam tabel. Hasil penelitian jenis tumbuhan yang digunakan untuk tumbuhan obat pasca bersalin oleh masyarakat tercatat 45 jenis tumbuhan. Hasil penelitian cara memperoleh tumbuhan sebagian besar tumbuhan liar yaitu sebanyak 31% (14 tumbuhan), tumbuhan yang sengaja ditanam yaitu 41% (17 tumbuhan) dan yang di beli 28% (11 tumbuhan). Bagian tumbuhan yang banyak digunakan adalah daun, yaitu sebanyak 27 jenis tumbuhan. Pengolahan tumbuhan obat dilakukan dengan 2 cara yaitu: diminum dan dioles/ditempel. Masyarakat merespon sangat suka terhadap pengobatan pasca bersalin dengan menggunakan tumbuhan. Konservasi tumbuhan obat menunjukkan sikap negatif karna tidak adanya aksi nyata dari masyarakat untuk membudidayakan tumbuhan obat tersebut. Kata Kunci: Sikap masyarakat, konservasi, jenis tumbuhan obat (herbal), pasca bersalin/masa nifas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN TUMBUHAN UNTUK PERAWATAN PASCA PERSALINAN SERTA UPAYA KONSERVASI DI KABUPATEN BENER MERIAH (Haira Mulyani, 2019)

JENIS-JENIS TUMBUHAN OBAT YANG DIGUNAKAN PASCA PERSALINAN DAN KEGUNAANNYA DI KECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Feriyani, 2013)

ETNOBOTANI MASYARAKAT GAYO DI KECAMATAN BLANGKEJEREN, KABUPATEN GAYO LUES (Tuti Wahyuni, 2019)

PENGGUNAAN TUMBUHAN SEBAGAI OBAT PENYAKIT DIABETES DI KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT PENGGUNAAN TUMBUHAN SEBAGAI OBAT PENYAKIT DIABETES DI KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT (Cut Tiandary Yusar, 2016)

BIOPROSPEKSI TUMBUHAN OBAT TRADISONAL PASCA MELAHIRKAN PADA SUKU ACEH (Saudah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy