//

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAME EDUKASI PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN BUSANA DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL FADHILAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurul Fadhilah. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Edukasi pada Materi Bagian-Bagian Busana di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad,M.Pd., (2) Dra. Fitriana, M.Si. Kata Kunci: game edukasi, media pembelajaran. Kurang menariknya media dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran dasar desain menyebabkan hasil belajar siswa rendah, padahal berkembangnya teknologi sangat mempermudah semua aktivitas guru dalam proses pembelajaran, salah satunya penggunaan media pembelajaran dengan bantuan komputer. Media yang sering digunakan saat ini adalah tipe bermain sambil belajar atau game edukasi.Penelitian inibertujuan Pertamauntuk mengembangkan game edukasi padamateri bagian-bagian busana; keduauntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian busana;dan ketigauntuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media game edukasi.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi.Tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa sedangkan observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I mendapat nilai rata-rata 65,3% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,13%. Nilai ketuntasan klasikal pada siklus I hanya 10% dan terjadi peningkatan hingga 80% pada siklus II. Hasil pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I mendapat nilai rata-rata 3,6 (kategori sangat baik) dan pada siklus II meningkat sebesar 0,26% dengan nilai rata-rata 3,86 (kategori sangat baik). Sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I mendapat nilai rata-rata 3,5 (kategori sangat baik) dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 3,61 (kategori sangat baik). Disimpulkan bahwa melalui media game edukasi terjadi peningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian busana dengan rata-rata peningkatan 73,7% dari siklus I ke siklus II. Sedangkan pada aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata peningkatan 3,73% dan pada akivitas siswa memperoleh nilai rata-rata peningkatan 3.5%.Disarankan sebaiknya guru dapat menerapkan media game edukasi pada materi lainnya.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME EDUKASI PERMAINAN MISKIN PADA SISWA KELAS X IPS 2 DI MAN BANDA ACEH 1 (CUT RIKA PUTRI, 2016)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN GEO-MONOPOLY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 3 BANDA ACEH (CUT MELI ZABELLA, 2016)

PENGEMBANGAN MEDIA THERCHEMOPOLY GAME PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA (Yushella Anggraini, 2016)

PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATERI STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA KELAS IV SD NEGERI BEUNGGA TANGSE (Rizka Faryatuni, 2014)

GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Bengimi Bensu, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy