//

TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN INTELLIGENCE QUOTIENT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKA - Personal Name
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Pembelajaran matematika di sekolah cenderung tidak memperhatikan kemampuan berpikir kreatif siswa, padahal kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara untuk memenuhi ketercapaian kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu dengan cara membiasakan siswa menyelesaikan masalah matematika dalam bentuk masalah terbuka, salah satunya dalam bentuk cerita. Selain itu IQ juga berpengaruh terhadap keberhasian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan tingkat berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan IQ. Subjek penelitian untuk data tingkat berpikir kreatif terdiri dari 30 siswa kelas IX, sedangkan untuk data proses berpikir kreatif sebanyak 9 siswa kelas IX. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Analisis data untuk proses berpikir kreatif berdasarkan tahapan Polya, sedangkan untuk tingkat berpikir kreatif menggunakan level TBK Siswono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir kreatif subjek IQ di atas rata-rata, cenderung mengidentifikasi masalah baik, mengumpulkan dan mengaitkan informasi dengan tepat; membuat strategi dan menetapkan langkah penyelesaian masalah yang beragam dengan lancar; dan menelusuri kembali hasil penyelesaian dengan menyeluruh dan benar. Proses berpikir kreatif subjek IQ rata-rata, cenderung mengidentifikasi masalah baik, mengumpulkan dan mengaitkan informasi dengan benar; membuat strategi dan menetapkan langkah penyelesaian masalah yang beragam dengan lancar; dan cenderung memeriksa kembali hasil penyelesaian dengan membaca kembali soal secara keseluruhan. Proses berpikir kreatif subjek IQ di bawah rata-rata, cenderung kurang memahami informasi; subjek menyusun strategi dengan beragam meski tidak begitu lancar, subjek menjelaskan langkah penyelesaian tidak dengan urut; dan cenderung tidak memeriksa kembali hasil jawaban. Hasil tingkat berpikir kreatif yaitu untuk subjek di atas rata-rata terdapat dua subjek di level 4 (sangat kreatif), dan tiga subjek di level 3 (kreatif); untuk subjek di rata-rata terdapat satu subjek di level 4 (sangat kreatif), sebelas subjek di level 3 (kreatif), dan enam subjek di level 2 (cukup kreatif); dan untuksubjek di bawah rata-rata terdapat satu subjek di level 3 (kreatif), empat subjek di level 2 (cukup kreatif), dan dua subjek di level 2 (kurang kreatif). Kata kunci: Proses Berpikir Kreatif, Tingkat Berpikir Kreatif, IQ

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN INTELLIGENCE QUOTIENT (RIZKA, 2019)

TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN DAN PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI TIPE SOAL OPEN ENDED DI SMP (Rahmawati, 2017)

PERKEMBANGAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI SMP (NURHALIMAH, 2016)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL MELALUI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DI KELAS VII (RIZQA PUTRI, 2018)

TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDACEH (Siti Sara, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy