//

PEMELIHARAAN BAHAN TEKSTIL BUSANA DI JASA PENATU PEUNAYONG – BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Fitriana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dian Fitriana. 2018. Pemeliharaan Bahan Tekstil Busana Di Jasa Penatu Peunayong-Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Vokasioanal Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Fitriana, M.Si (2) Novita, S.Pd., M.A Kata Kunci: Pemeliharaan, Bahan Tekstil Busana, Jasa Penatu Pemeliharaan adalah proses perawatan yang dilakukan pada suatu barang untuk menjaga keutuhan dan keaslian barang tersebut agar tetap bagus dan tahan lama. Bahan tekstil busana adalah semua jenis serat tekstil seperti katun, wol, sutra, dan serat poliester yang sudah di jahit atau di produksi menjadi busana dengan model dan tujuan tertentu.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pemeliharaan bahan tekstil busana standar laundry sehingga dapat mempertahankan kualitas bahan tekstil busana dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah. Data dalam penelitian ini diperoleh dari studi kepustakaan dan juga dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sabjek dari penelitian ini sebanyak 4 orang yang terdiri dari petugas kasir, pencuci, pengepresan dan petugas penyetrikaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa jasa penatu Mr. Clean menerima semua jenis bahan tekstil busana untuk dicuci dan disetrika. Mr. Clean menawarkan jasa mencuci basah (laundry) dan juga mencuci kering (dry cleaning). Proses penjemuran/pengeringan di jasa penatu Mr. Clean semua dilakukan dengan mesin pengeringan tidak terkena sinar matahari langsung. Proses pengepresan juga dilakukan untuk menjaga bahan tekstil supaya tidak mudah pudar dan mengkilap. Proses penyetrikaan hanya dilakukan pada bagian-bagian yang tidak terjangkau pada saat proses pengepresan. Proses pengemasan bertujuan untuk menjaga pakaian agar tidak dipengaruhi oleh suhu ruangan dan tidak dimakan rayap untuk pakaian yang disimpan lama. Kesimpulan dari penelitian ini ialah Pemeliharaan atau perawatan bahan tekstil busana dapat dilakukan dari berbagai segi, diantaranya: Proses pencucian, proses pengeringan, proses penyetrikaan dan juga proses penyimpanan. Disarankan, Kepada Mr. Clean Laundry, terus tingkatkan kualitas pelayanan dan terus konsisten untuk memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TANGGAPAN PARA MODELING PADA AGENCY KOTA BANDA ACEH TERHADAP PEMILIHAN BUSANA PESTA (Linda Yanti, 2018)

PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN ALAT TIMBANG DAN PERLENGKAPANNYA YANG TIDAK DITERA DAN TERA ULANG OLEH PELAKU USAHA JASA PENATU (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (Miswari, 2019)

PEMILIHAN BAHAN DAN DESAIN BUSANA PESTA UNTUK BALITA DI DESA LHEU BLANG KECAMATAN DARUL IMARAH (Shinta Maulidia, 2015)

DESAIN BUSANA KERJA BAGI STAF PENGAJAR (Sopyan Jamil, 2019)

PEMANFAATAN MEDIA BAHAN ALAM PADA DESAIN BUSANA TIGA DIMENSI (KIKY VELAYATI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy