//

ANALISIS SEDIMENTASI KOLAM PELABUHAN ULEE LHEUE PADA KONDISI RE-DESIGN BREAKWATER DENGAN MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK DELFT3D

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Rizky Ananda - Personal Name
SubjectSEDIMENTATION
BREAKWATER
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Pelabuhan Ulee Lheue merupakan salah satu pelabuhan yang ada di daerah Aceh. Pelabuhan Ulee Lheue merupakan pelabuhan penyeberangan yang menjadi penghubung antara Kota Banda Aceh dengan Pelabuhan Balohan di Kota Sabang. Saat ini terdapat permasalahan sedimentasi yang terjadi pada kolam Pelabuhan Ulee Lheue yang menyebabkan terganggunya aktifitas pergerakan kapal yang dilakukan di kolam Pelabuhan Ulee Lheue. Pemasalahan sedimentasi ini sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa alternatif, diantaranya membangun breakwater ataupun dengan melakukan pengerukan sedimen. Pada Pelabuhan Ulee Lheue sudah terdapat konstruksi breakwater. Namun dengan kondisi konstruksi breakwater yang ada, sedimentasi di kolam pelabuhan masih terjadi, oleh karena itu perlu dilakukan analisis mengenai sedimentasi yang terjadi di kolam Pelabuhan Ulee Lheue. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah mengestimasi laju dan volume dari sedimentasi yang terjadi di kolam Pelabuhan Ulee Lheue berdasarkan dua skenario panjang breakwater pada kolam pelabuhan tersebut dengan menggunakan pemodelan secara numerik. Simulasi dilakukan dengan menggunakan Delft3D¬-Flow dan Delft3D-Wave. Simulasi dilakukan dengan dua skenario panjang breakwater, dimana skenario pertama dimodelkan dengan kondisi eksisting dari breakwater kolam Pelabuhan Ulee Lheue, sedangkan skenario kedua dimodelkan dengan menambahkan panjang dari struktur breakwater sepanjang kurang lebih 150 m ke arah laut atau sampai dengan kedalaman -7,5 m dari kondisi eksisting. Pada simulasi ini, ketinggian dan stabilitas dari breakwater tidak diperhitungkan. Data yang digunakan dalam pemodelan ini merupakan data sekunder, yaitu data topografi, data batimetri, data angin, data pasang surut, dan data sedimen. Setelah dilakukan simulasi selama satu tahun terhadap kedua skenario, diperoleh volume sedimentasi yang terjadi pada area kolam pelabuhan untuk skenario 1 didapat 150.044,109 m3 dengan laju sedimentasi, yaitu 12.503,676 m3/bulan. Sedangkan volume sedimentasi untuk skenario 2 didapat 149.149,064 m3 dengan laju sedimentasi, yaitu 12.429,089 m3/bulan. Berdasarkan hasil simulasi, dapat disimpulkan bahwa kedua skenario panjang konstruksi breakwater ini belum cukup efektif untuk menahan laju sedimentasi pada kolam Pelabuhan Ulee Lheue.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIMULASI NUMERIK SEDIMENTASI KOLAM PELABUHAN PLTU NAGAN RAYA DENGAN MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK DELFT3D (FACHRURRAZI, 2016)

PERENCANAAN ALTERNATIF TATA LETAK BREAKWATER PPI PEUDADA MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK DELFT3D (Sri Hartuti Nengsih, 2017)

ANALISIS HIDRODINAMIKA DAMPAK GELOMBANG TSUNAMI TERHADAP KONSTRUKSI BREAKWATER DI KAWASAN PANTAI ULEE LHEUE BANDA ACEH DENGAN SIMULASI NUMERIK (Putroe Laksmy Bai, 2018)

PERENCANAAN ALTERNATIF TATA LETAK DAN DIMENSI PEMECAH GELOMBANG PELABUHAN PLTU NAGAN RAYA (Armido, 2015)

STUDI MODEL FISIK PEMECAH GELOMBANG TENGGELAM TIPE LURUS BERPORI TERHADAP PERUBAHAN PROFIL PANTAI (AYU FITRI SARINDAH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy