//

PENGUJIAN KUAT GESER LAPISAN TANAH PANTAI (KM 16.5) KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR UNTUK KEGUNAAN KONSTRUKSI ABRASI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novri Yandi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dalam pengertian teknik secara umum, tanah di definisikan sebagai suatu material yang terdiri dari agregat (butiran) mineral-mineral padat yang tidak terkontaminasi (terikat secara kimia) satu sama lain dan dari bahan-bahan organik yang telah menfosil (yang berpartikel padat) di sertai oleh zat cair dan gas yang mengisi ruang-ruang kosong di antara partikel padat tersebut. Tujuan penelitan adalah mengetahui hubungan antara nilai indeks plastisitas dengan parameter kuat geser tanah yang meliputi nilai kohesi dan sudut geser interal. Metode penelitian melalui pengujian dimulai dengan memeriksa sifat-sifat fisis tanah yang meliputi pengukuran berat jenis, pengukuran batas cair, pengukuran batas plastis dan pembagian butir, sedangkan pemeriksaan sifat mekanis tanah yang meliputi kuat geser langsung. Adapun hasil pengujian titik 1 dan 2 sifat-sifat fisis yaitu : indeks plastisitas 0 titik dan 2 sebesar 0. Tanah tersebut menurut klasifikasi AASHTO A-3, sedangkan menurut sistem USCS tanah tersebut diklasifikasikan kedalam fraksi tanah berbutir kasar, dengan simbol kelompok S. Berdasarkan hasil pengujian kuat geser nilai sudut geser ( tertinggi diperoleh dari titik 2 yaitu 35,33° dan nilai kohesi (c) tertinggi diperoleh dari titik 2 yaitu 0,0844 kg/cm². Hubungan antara indeks plastisitas dengan parameter kuat geser tanah menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai PI maka nilai sudut geser tanah akan semakin besar. Semakin besar nilai PI maka nilai kohesi akan kecil. Lokasi tanah sampel diambil pada tanah pantai yang berlokasi di pantai Lhoknga, Desa Mon Ikeun Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Kata Kunci : SudutGeser, Kohesi, Hubungan Nilai PI dengan nilai C dan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUJIAN KUAT GESER LAPISAN TANAH PANTAI (KM 16.5) KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR UNTUK KEGUNAAN KONSTRUKSI ABRASI (Novri Yandi, 2018)

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH PADA BANGUNAN EMBUNG DESA BHA ULEE TUTU KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR (Rizki Muliya, 2019)

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH DASAR PADA BANGUNAN AIR (TANGGUL SUNGAI) DI DESA BRAYEUN KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Puspa Cahyaning Pambudi, 2018)

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH PADA LERENG JALAN YANG SUDAH LONGSOR KM 35 PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG (MUHAMMAD HAFIHZ H, 2017)

PENGARUH KATIONISASI UNTUK MEREDUKSI INDEKS PLASTISITAS TANAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KUAT GESER TANAH LEMPUNG EKSPANSIF (TEUKU JULLIS SYAMDIOFA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy