//

PEMANFAATAN CRUDE ENZIM BROMELIN DARI EKSTRAK NANAS (ANANAS COMOSUS L.) UNTUK PEMBUATAN KECAP TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WISKA MULIDASARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Kecap Ikan, Ikan Tongkol, Enzimatis Telah dilakukan penelitian tentang pemanfaatan crude enzim bromelin dari ekstrak nanas (Ananas comosus L.) untuk pembuatan kecap tongkol (Euthynnus affinis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi crude bromelin dan lama fermentasi yang baik digunakan untuk memproduksi kecap tongkol dengan kadar protein dan persentase rendemen yang tinggi. Rancangan penelitian menggunakan metode rancangan acak kelompok (RAK) faktorial. Faktor perlakuan pembuatan kecap Tongkol (Euthynnus affinis) adalah ditambahkan crude enzim bromelin dengan konsentrasi 20%, 40% dan 60% dan diinkubasi dalam jangka waktu 3 hari, 6 hari dan 9 hari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase rata-rata rendemen tertinggi terdapat pada pelakuan Y3T3 yaitu 95,37%, sedangkan rendemen terendah pada perlakuan Y1T1 yaitu 70,54%. Persentase rata-rata kadar protein kecap tongkol tertinggi pada perlakuan Y3T3 yaitu 3,383% dengan konsentrasi crude bromelin 60% dan lama waktu fermentasi 9 hari, sedangkan pada perlakuan Y1T1 dengan konsentrasi crude bromelin 20% dan lama waktu fermentasi 3 hari memiliki persentase kadar protein terendah yaitu 1,231%. Berdasarkan hasil uji statistik One way Anova terhadap pemanfaatan crude bromelin dari ekstrak nanas (Ananas comosus L.) untuk pembuatan kecap tongkol (Euthynnus affinis) dapat disimpulkan bahwa konsentrasi crude bromelin dan lama fermentasi yang baik digunakan untuk menghasilkan persentase rendemen dan kadar protein terbaik pada pembuatan kecap tongkol (Euthynnus affinis) terdapat pada penambahan crude bromelin 20% dan lama fermentasi 3 hari.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POTENSI ENZIM BROMELAIN DARI EKSTRAK NANAS (ANANAS COMOSUS) SEBAGAI BAHAN BLEACHING DITINJAU DARI PERUBAHAN WARNA DAN STRUKTUR EMAIL GIGI (Ainul Mardiah , 2017)

PENGARUH PEMBERIAN IKAN TONGKOL DENGAN PENAMBAHAN RAGI ROTI TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN POPULASI ROTIFERA (BRACHIONUS PLICATILIS) (Erayanti, 2017)

PENGARUH EKSTRAK BATANG NANAS (ANANAS COMUSUS) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN DAYA CERNA IKAN BETOK ( ANABAS TESTUDINEUS ) (Masniar, 2016)

PENGARUH EKTRAK BUAH NANAS (ANANAS COMOSUS (L) MERR.) TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA PADA GINGIVA TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) (PEMERIKSAAN KLINIS PADA UKURAN LUKA SAMPAI HARI KE 14) (Putri Maulidia, 2015)

DAYA PENGEMPUKAN EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA) DAN EKSTRAK BUAH NANAS (ANANAS COMOSUS) TERHADAP DAGING PAHA AYAM KAMPUNG DI NILAI DARI DAYA PUTUS DAN GAMBARAN MIKROSKOPIS (Lismawati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy