//

GEOLOGI DAN ANALISA LINGKUNGAN PENGENDAPAN SEDIMEN KLASTIK FORMASI ALAS DAERAH KECAMATAN LEUSER DAN SEKITARNYA, KABUPATEN ACEH TENGGARA, PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Harris Muzhaffar - Personal Name
SubjectSEDIMENTS - RIVER ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Kecamatan Leuser merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara. Peta geologi daerah penelitian pada saat ini masih merujuk pada informasi geologi regional lembar Medan tahun 1982 dan belum dilakukan kajian ulang yang lebih spesifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tatanan geologi daerah Leuser, litologi yang terdapat pada Formasi Alas, dan bagaimana lingkungan pengendapan sedimen klastik di Formasi Alas. Data primer diperoleh dengan melakukan pengamatan langsung ke lapangan. Kegiatan yang dilakukan di lapangan berupa pemetaan geologi, pengukuran measured section singkapan Formasi Alas, dan pengambilan sampel batuan dari singkapan Formasi Alas sebagai keperluan penelitian lebih lanjut di laboratorium. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan studi literatur terkait dengan kondisi geologi regional daerah Leuser, dan pengolahan data pemetaan yang didapat dengan menggunakan software. Tatanan geologi daerah penelitian terdiri atas satuan batupasir konglomeratan, satuan batupasir berlapis, satuan batugamping, satuan batupasir tidal dan satuan baupasir sisipan lanau. Satuan batupasir konglomeratan dan satuan batupasir berlapis termasuk kedalam Formasi Alas dengan umur Karbon Akhir. Satuan batugamping merupakan anggota batugamping dalam Formasi Alas dengan umur Triasic Awal. Sedangkan satuan batupasir tidal dan satuan baupasir sisipan lanau merupakan satuan yang paling muda dengan umur Triasic Akhir. Sebaran lingkungan pengendapan pada daerah penelitian berdasarkan analisa dan interpretasi data terdiri atas lingkungan pengendapan Tidal Flat dan Fluvial. Data yang digunakan untuk menentukan lingkungn pengendapan selain data dilapangan digunakan pula data laboratorium berupa analisa palino. Hasil dari penelitian dicapai oleh penulis adalah peta geomorfologi, peta lintasan, peta geologi daerah penelitian, peta sebaran lingkungan pengendapan sedimen klastik Formasi Alas. Kata Kunci: Measured section, Tidal Flat, Lingkungan pengendapan, Formasi Alas, Leuser.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GEOLOGI DAN STUDI FASIES FORMASI ALAS DAERAH KECAMATAN LEUSER DAN SEKITARNYA, KABUPATEN ACEH TENGGARA, PROVINSI ACEH (RIZKI MAULANA, 2019)

PEMETAAN GEOLOGI DAN ANALISIS PROVENANCE BATUPASIR FORMASI ALAS (Rizky Putra Utama, 2019)

STRATIGRAFI DAN LINGKUNGAN PENGENDAPAN FORMASI SEULIMUM DAERAH JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI ACEH (Wahyu Firmansyah, 2018)

ANALISIS DISTRIBUSI SEDIMEN MELAYANG DI PERAIRAN KRUENG CUT KOTA BANDA ACEH (YUNI FADHLA, 2017)

GEOLOGI DAN ANALISIA SPASIAL DATARAN BANJIR SUNGAI KRUENG ACEH, KECAMATAN INDRAPURI, ACEH BESAR (RIZKI HULIA ZAHRA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy