//

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI PADI TERHADAP RISIKO USAHATANI PADI DI KABUPATEN ACEH BESAR, PIDIE JAYA DAN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WILDA WAHYUNI - Personal Name
SubjectLABOR
RICE-AGRICULTULRAL EKONOMI
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Abstrak. Pada umumnya sikap petani padi dapat mempengaruhi keputusan yang diambil pada saat berusahatani. Sikap petani padi juga menjadi tolak ukur dalam mengukur kesiapan petani dan sejauh mana pemahaman petani dalam melakukan usahatani padi yang dikelolanya. Provinsi Aceh memiliki 3 Kabupaten unggulan dalam menghasilkan padi yaitu Kabupaten Aceh Besar, Pidie Jaya dan Aceh Tengah. Risiko yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah risiko iklim,risiko modal, risiko hama dan penyakit, dan risiko harga. Lokasi penelitian dilakukan pada Kabupaten Aceh Besar, Pidie jaya dan Aceh Tengah dengan diambil sebanyak 15 responden untuk setiap Kabupaten. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat toleransi serta risiko apa saja yang tergolong sangat toleran dan tidak toleran pada Kabupaten Aceh Besar, Pidie Jaya dan Aceh Tengah yang akan dijelaskan secara deskriptif. Serta mengetahui faktor karakteristik apa saja yang mempengaruhi sikap toleransi petani yang akan diuji dengan analisis regresi tobit dan crosstabs. Berdasakan hasil penelitian, Secara umum dari hasil analisis data diketahui bahwa gambaran sikap toleransi petani yang ada pada Aceh Besar, Pidie Jaya dan Aceh Tengah berada pada tingkat skala 5-7 yang berarti petani padi berani menghadapi risiko usahatani padi. Namun bila dibandingkan antara risiko-risiko tersebut diketahui risiko yang paling kurang toleran adalah risiko iklim dan risiko paling toleran adalah risiko harga. Faktor-faktor karakteristik internal yang mempengaruhi sikap petani toleransi petani secara signifikan adalah pendidikan, luas lahan dan Pendapatan. Faktor yang tidak berpengaruh signifikan adalah umur pengalaman, kepemilikan lahan dan jenis kelamin. Faktor karakteristik eksternal seperti jaringan kerjasama tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap toleransi petani

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TINGKAT TOLERANSI PETANI CABAI MERAH TERHADAP RISIKO USAHATANI DI KABUPATEN ACEH TENGAH, ACEH BESAR, PIDIE JAYA DAN ACEH TIMUR (Mira Musdaliyani, 2019)

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI TOMAT TERHADAP RISIKO USAHATANI TOMAT DI KABUPATEN BENER MERIAH DAN KABUPATEN ACEH TENGAH (Suci Afridila, 2018)

ANALISIS SIKAP PETANI PADI SAWAH DALAM MENGHADAPI RISIKO DI KECAMATAN BLANG BINTANG (Alisyahbana Siregar, 2018)

ANALISIS KOMPARASI POLA TANAM TERHADAP KEUNTUNGAN PETANI DI DAERAH IRIGASI LEUBOK KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Khaidar Fajri, 2016)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI DI BANTARAN SUNGAI KRUENG ACEH KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Liza Epriana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy