//

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI TOMAT TERHADAP RISIKO USAHATANI TOMAT DI KABUPATEN BENER MERIAH DAN KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suci Afridila - Personal Name
SubjectAGRICULTURE - ECONOMIC ASPECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Abstrak. Sikap petani tomat dalam menjalankan usahatani akan mempengaruhi pengambilan sikap petani saat pengambilan risiko. Sikap petani yang toleran dalam menghadapi risiko akan berdampak pada keberhasilan usahatani yang dijalankan. Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tenggah merupakan daerah unggulan penghasil tomat di Provinsi Aceh. Hasil produksi tomat pada dua kabupaten yang tinggi, peneliti menganggap sikap petani pada dua kabupaten ini lebih toleran dalam menghadapi risiko. Risiko yang berpengaruh dalam pengambilan sikap toleransi petani adalah risiko iklim dan cuaca, risiko hama dan penyakit, risiko harga, dan risiko pasar. Lokasi penelitian ini adalah di Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah dengan responden sebanyak 40 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat sikap toleransi petani tomat dalam menghadapi risiko, mengetahui isu risiko yang paling toleran dan intoleran dan mengetahui faktor-faktor karakteristik yang berpengaruh signifikan dalam pengambilan sikap toleransi menghadapi risiko. Untuk mengetahui perbedaan tingkat sikap toleransi petani dan isu risiko yang toleran dan intoleran dijelaskan dengan analisis deskriptif statistik. Faktor-faktor karakteristik yang mempengaruhi sikap petani dianalisis dengan model tobit dan crosstabs – chi square. Analisis tobit menunjukkan bahwa semakin tinggi pendapatan rumah tangga dan modal petani semakin toleran dalam menghadapi risiko. Sementara itu umur,pendidikan, pengalaman, luas lahan dan jenis kelamin tidak berpengaruh signifikan. Dan tidak ada pengaruh dari persepsi perubahan iklim terhadap sikap toleransi petani tomat. Kata Kunci : Sikap Toleransi, Petani Tomat, Risiko.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI TERHADAP RISIKO USAHATANI JAGUNG DI KABUPATEN ACEH TIMUR DAN KABUPATEN BENER MERIAH (NANDA FAULIA, 2018)

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI PADI TERHADAP RISIKO USAHATANI PADI DI KABUPATEN ACEH BESAR, PIDIE JAYA DAN ACEH TENGAH (WILDA WAHYUNI, 2018)

ANALISIS TINGKAT TOLERANSI PETANI CABAI MERAH TERHADAP RISIKO USAHATANI DI KABUPATEN ACEH TENGAH, ACEH BESAR, PIDIE JAYA DAN ACEH TIMUR (Mira Musdaliyani, 2019)

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI TOMAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH (ikhsan facri, 2014)

ANALISIS TINGKAT KEBERHASILAN USAHATANI SAYURAN DI KECAMATAN PERMATA KABUPATEN BENER MERIAH (Zahraturrahmi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy