//

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA AKHIR DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ASHHABUL KAHFI RANGKUTI - Personal Name
SubjectMOTIVATION - PERSONNEL MANAGEMENT
ENTREUPRENEURSHIP - MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Salah satu alternatif yang berkaitan dengan pengurangan pengangguran adalah dengan adanya penumbuhan motivasi berwirausaha dalam diri kelompok terdidik di perguruan tinggi. Penumbuhan motivasi berwirausaha dikaitkan degan ada atau tidaknya dukungan sosial yang diperolehnya baik secara kualitas maupun kuantitas terutama pada mahasiswa tingkatan akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukugan sosial dan motivasi berwirausaha pada mahasiswa akhir di Unsiversitas Syiah Kuala, Banda Aceh dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 395 mahasiswa tingkat akhir yang terdiri dari 253 laki-laki dan 142 perempuan dengan rentang usia 20 hingga 23 tahun ikut berpartisipasi sebagai sampel penelitian ini yang dipilih dengan menggunaka teknik random sampling. Variabel dukungan sosial diukur menggunakan Sosial Support Questioannre (SSQ), sedangkan variabel motivasi berwirausaha diukur dengan menggunakan Motivation to Start a Bussiness scale. Analisis data penelitian dengan menggunakan nonparametrik dengan teknik Spearman-Brown Formula. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien signifikansi (p)=0,174 (p>0,05) dan p=0,442 (p>0,05). Nilai tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara dukungan sosial ditinjau dari aspek kuantitas dan kualitas dengan motivasi berwirausaha pada mahasiswa akhir di Unsyiah. Kata Kunci:Dukungan Sosial, Motivasi Berwirausaha, Mahasiswa Akhir, Unsyiah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KETERLIBATAN AYAH DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Cut Henny R, 2017)

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ardiana Sayang, 2014)

HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUATERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS SYIAH KUALA. (AMELIA FITRI, 2019)

PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI DALAM BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PVKK KONSENTRASI TATA BOGA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yulianda, 2018)

HUBUNGAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Halim Tezar Kusuma, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy