//

PENERAPAN METODE WEIGHTED OVERLAY UNTUK MENGANALISIS TINGKAT KEKRITISAN LAHAN MANGROVE DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Tri Rizki Munandar - Personal Name
SubjectAGRICULTURAL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Mangrove merupakan komunitas vegetasi pantai tropis yang didominasi oleh beberapa jenis pohon mangrove yang mampu tumbuh dan berkembang pada daerah pasang surut pantai berlumpur pada kondisi air asin atau payau. Hutan mangrove merupakan tempat tinggal (habitat) dan tempat mencari makan untuk berbagai jenis organisme laut, avertebrata dan burung. Secara administrasi Mangrove di Banda Aceh terletak di kawasan pesisir yang terdapat di empat kecamatan yaitu kecamatan Meuraxa, Syiah Kuala, Kuta Raja dan Kuta Alam. Untuk mengetahui tingkat kritis mangrove di Banda Aceh, maka perlu dilakukan analisis dan pemetaan kawasan kritis mangrove. Hasil dari analisis penelitian ini berupa peta tingkat kekritisan lahan mangrove yang bisa dijadikan sebagai sistem peringatan dini dalam hal antisipasi dan penanganan bencana alam di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuat peta tingkat kekritisan lahan mangrove di Banda Aceh dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografi (SIG). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan cara melakukan overlay tiga parameter yang sangat berpengaruh pada tingkat kekritisan mangrove, yaitu penggunaan lahan, ketahanan tanah terhadap abrasi, dan kerapatan tajuk. Jenis metode overley yang digunakan adalah metode weighted overlay. Cara kerja metode weighted overlay dengan mengalikan nilai skor dengan bobot yang telah ditentukan untuk setiap parameter, kemudian dijumlahkan keseluruhannya, sehingga diperoleh nilai tingkat kekritisan lahan mangrove. Hasil akhir dari penelitian ini adalah peta kawasan mangrove di Banda Aceh dengan tingkat kekritisan dibagi menjadi dua kelas, yaitu rusak berat (195,462 Ha/62,00%) dan rusak (119,805 Ha/38,00%). Total luas mangrove di Banda Aceh adalah 315,267 Hektar. Kata Kunci: Mangrove, Analisis, Weighted Overlay

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENILAIAN TINGKAT KEKRITISAN LAHAN MANGROVE DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATCHING DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Fadil, 2019)

ANALISIS PEMETAAN KAWASAN RAWAN BANJIR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI DAERAH ALIRAN SUNGAI KRUENG MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT (Muhammad Sani, 2016)

PEMETAAN IN SITU HUTAN MANGROVE PADA WILAYAH PESISIR DAERAH LADONG, ACEH BESAR (Geumala Tari, 2015)

ANALISA TINGKAT KERAWANAN KEBAKARAN PERMUKIMAN DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Nur Bazelly, 2016)

ANALISA ZONA KAWASAN RAWAN LONGSOR DI KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Riza Wahyudi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy