//

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN SISWA KELAS IV SD NEGERI PEUDEUK TUNONG PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhusna Handayani - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
EDUCATIONAL MEDIA
COMPUTER ANIMATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Media Animasi, Hasil Belajar, Daur Hidup Hewan. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD Negeri Peudeuk Tunong Pidie Jaya”. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penggunaan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi daur hidup hewan siswa kelas IV SD Negeri Peuduek Tunong Pidie Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar pada materi daur hidup hewan siswa kelas IV SD Negeri Peuduek Tunong Pidie Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar pada materi daur hidup hewan. Teknik analisis data menggunakan uji t. Soal dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal dengan total skor 100. Perangkat penelitian yang digunakan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan soal tes hasil belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 26 orang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar pada materi daur hidup hewan siswa kelas IV SD Negeri Peuduek Tunong Pidie Jaya. Data penelitian diolah menggunakan statistik uji-t pada taraf 5% (α = 0,05) diperoleh thitung = 5,44 pada taraf signifikan (α = 0,05) dan peluang (1 – α) diperoleh t(0,95)(25) = 1,71 dengan dk = 26 – 1 = 25. Karena 5,44 > 1,71 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa sesuai dengan hipotesis yaitu penggunaan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi daur hidup hewan siswa kelas IV SD Negeri Peuduek Tunong Pidie Jaya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 9 BANDA ACEH PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA (RAMAWATI ALFI DWI PUTRI, 2016)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Aulya Desanti, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 UNGGUL PEUKAN BADA (Reni melisa, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DENGAN MEDIA GAMBAR DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Nurul Intan, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS MEDIA ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, RNSIKAP ILMIAH DAN ASSESMEN KINERJA SISWA RNPADA KONSEP SINTESIS PROTEIN RNDI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Suriani Siregar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy