//

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wira Stary Rukmana - Personal Name
SubjectDENTAL HYGIENE
ORAL HYGIENE - DENTISTRY
ENDODONTICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Perawatan endodontik merupakan perawatan yang dilakukan untuk merawat infeksi pada saluran akar dan periapikal. Namun keberadaan dari Enterococcus faecalis menjadi salah satu penyebab terjadinya kegagalan dalam perawatan. Enterococcus faecalis adalah penyebab utama terjadinya infeksi pada saluran akar dan antibiotik merupakan terapi utama untuk infeksi tersebut. Seledri (Apium graveolens) adalah salah satu tanaman herbal yang secara tradisional digunakan sebagai antibakteri. Potensi antibakteri ini disebabkan karena seledri memiliki senyawa aktif seperti alkaloid, saponin, flavonoid, steroid dan polifenol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek antibakteri terhadap pertumbuhan E. faecalis. Enterococcus faecalis kultur pada media CHROMAgar VRE Base Non-vancomicyn dan diinkubasi pada suhu 370 C dalam suasana anaerob. Enterococcus faecalis selanjutnya dipaparkan dengan ekstrak seledri (Apium graveolens) untuk uji antibakteri dengan menggunakan metode Standart Plate Count (SPC). Hasil uji statistik dengan menggunakan Kruskal-Wallis ekstrak seledri memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan E. faecalis, dan hasil uji lanjut Mann Whitney menunjukkan bahwa pada konsentrasi 1% jumlah koloni yang tumbuh telah mengalami penurunan dibandingkan dengan kelompok kontrol negatif dan pada konsentrasi 3% tidak ditemukan lagi pertumbuhan koloni setelah dibandingkan dengan kelompok kontrol positif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak seledri (Apium graveolens) memiliki efek antibakteri dengan konsentrasi hambat minimum pada konsentrasi 1% dan konsentrasi bunuh minimum pada konsentrasi 3%. Kata kunci: infeksi saluran akar, seledri (Apium graveolens), E. faecalis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK TEMULAWAK (CURCUMA XANTHORRHIZA ROXB) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS SECARA IN- VITRO (mahdalena, 2014)

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN SUKUN (ARTOCARPUS ALTILIS L.) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (SITTY MAYSARAH, 2016)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM SEGAR (SYZYGIUM POLYANTHUM [WIGHT] WALP) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (dila rahayu, 2015)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN PACAR KUKU (LAWSONIA RN INERMIS L.) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS. (ichwanul muslim, 2014)

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN JERUK PURUT (CITRUS HYSTRIX) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (Desy Havizhah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy