//

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI SALMONELLA SP. PADA USUS AYAM KAMPUNG (BURAS) DI DESA LAMPUJA KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mukhtaruddin - Personal Name
SubjectMICROBIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI Salmonella sp. PADA USUS AYAM KAMPUNG DI DESA LAMPUJA KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk isolasi dan identifikasi bakteri Salmonella sp pada usus ayam kampung di desa Lampuja Kecamatan Darussalam. Sampel penelitian yang digunakan adalah organ usus ayam kampung. Isolasi Salmonella sp dilakukan dengan cara usus ayam kampung dibelah dan diswab, lalu dimasukkan kedalam tabung raksi yang berisi Selenite Cystine Broth (SCB) dan diinkubasikan pada suhu 37 C selama 24 jam . selanjutnya dengan menggunakan ose biakan dipindahkan ke media Salmonella Shigella Agar (SSA), inkubasi dengan suhu 37 o C dan diamati morfologi koloni yang tumbuh. serta dilakukan pemeriksaan mikroskopis dengan pewarnaan Gram. Selanjutnya koloni yang dicurigai Salmonella sp dilakukan identifikasi dengan cara koloni yang tumbuh dipindahkan ke MR-VP (Oxoid), Indol (Difco), Simmons’s Citrate Agar (Oxoid), Triple Sugar Iron Agar (TSIA), Sulfit Indol Motility (SIM), dan media gula-gula (sukrosa, manitol, glukosa, laktosa, maltosa). Penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari 15 sampel usus ayam kampung yang diisolasi dan identifikasi semuanya positif (15 sampel) Salmonella sp. Dapat disimpulkan bahwa ayam kampung yang dipelihara di desa Lampuja Kecamatan Darussalam terinfeksi bakteri Salmonella typical dan Salmonella enteritidis. Kata Kunci : Salmonella sp, usus, ayam kampung

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI CANDIDA SP. DAN ASPERGILLUS SP. PADA TEMBOLOK (INGLUVIENS) AYAM RAS (BROILER) DAN AYAM BURAS (BUKAN RAS) DI PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH (SRI WAHYULI, 2019)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI SALMONELLA SP PADA LIMPA AYAM LAYER JANTAN YANG MATI DI PETERNAKAN AYAM SIBREH ACEH BESAR (balqis alrasyid suyoto, 2016)

CEMARAN SALMONELLA PADA TELUR AYAM RAS DI SEJUMLAH PETERNAKAN DALAM KABUPATEN ACEH BESAR (AGUS ERDIYANSYAH, 2015)

ISOLASI ESCHERICHIA COLI DAN SALMONELLA SP PADA TELUR AYAM KAMPUNG YANG GAGAL MENETAS DI LABORATORIUM LAPANGAN PETERNAKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (LIA PERMATA SARI, 2017)

ISOLASI SALMONELLA SP PADA TELUR BURUNG PUYUH(COTURNIX COTURNIX JAPONICA) YANG GAGAL MENETAS DI DESA GAROT KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (Latifa Suryandari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy