//

HUBUNGAN STRUKTUR VEGETASI MANGROVE DENGAN SUBSTRAT DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAISURA ADLINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maisura Adlina. 2018. Hubungan Struktur Vegetasi Mangrove dengan Substrat di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan IIlmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Supriatno, M.Si., (2) Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si Kata kunci : Vegetasi Mangrove, Substrat, Zonasi Mangrove Substrat merupakan salah satu faktor pembatas terhadap pertumbuhan vegetasi mangrove. Alih fungsi lahan dapat mengganggu pertumbuhan vegetasi mangrove. Penelitian tentang “Hubungan Struktur Vegetasi Mangrove dengan Substrat di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar” telah dilaksanakan pada bulan Juli-September 2018. Penelitian ini dilakukan di Ekosistem Mangrove, Desa Lam Ujong, Lambada Lhok dan Kajhu di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi struktur vegetasi mangrove di kawasan mangrove Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar (2) Mengetahui hubungan vegetasi mangrove dengan substrat di kawasan Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Data diperoleh melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode survei. Lokasi pengambilan sampel dibagi kedalam 3 stasiun dan setiap stasiun memiliki 3 plot dengan ukuran 10 x 10 m untuk tingkat pohon, 5 x 5 m untuk tingkat pancang, 2 x 2 m untuk tingkat semak. Analisis data menggunakan rumus Shannon Wienner dan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian diperoleh bahwa indeks keanekaragaman lebih baik dibandingkan dengan stasiun lain terdapat di Stasiun 1 (Desa Lam Ujong) pada tingkat pohon (H’1,23), Stasiun 2 (Desa Lambada Lhok) pada tingkat pancang (H’0,69), dan Stasiun 3 (Desa Kajhu) semai (H’2,03). Substrat di Lam Ujong rata-rata berlempung, Lambada Lhok pasir berlempung dan Kajhu lempung berpasir. Faktor abiotik lingkungan pada vegetasi mangrove di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar antara lain suhu air berkisar antara 28 - 29, pH tanah rata-rata 7,6., salinitas 20,5 - 27, substrat pasir 49-85%, debu 10 - 37%, dan lempung 5 - 20%. Hubungan struktur vegetasi mangrove pada substrat debu liat positif (r = 0,40, 0,84 dan 1,00) sedangkan pada substrat pasir negatif (r = -0,59 dan -1,00).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PARTISIPASI MASYARAKAT DAN KONDISI EKOSISTEM MANGROVE DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Mulyana Sari, 2013)

HUBUNGAN KANDUNGAN C-ORGANIK, N, P, DAN K PADA SUBSTRAT MANGROVE DENGAN SERASAH DAUN MANGROVE. KECAMATAN SEULIMUM, KABUPATEN ACEH BESAR (NURHAYATI, 2015)

KAJIAN SEBARAN ARAH DAN KECEPATAN ANGIN PADA HUTAN PANTAI DALAM UPAYA MITIGASI BENCANA ANGIN KENCANG DI KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (Bambang Arianto, 2016)

IDENTIFIKASI KOMPOSISI DAN STRUKTUR HUTAN MANGROVE SEBAGAI BUFFER ZONE DI PESISIR PANTAI KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH (NURLAILA, 2016)

KEPADATAN POPULASI DAN POLA DISTRIBUSI TIRAM (CRASSOSTREA SP.) DI KAWASAN EKOSISTEM MANGROVE LAMBADA LHOK KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (PUTRI NARISA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy